Diingatkan Bawaslu Sleman, Kegiatan Bagi-bagi Doorprize untuk Emak-emak Bahagia Dibatalkan

Ketua Bawaslu Sleman (kanan) dan Kader PKS Sleman (Kiri). (dok. kabarkota.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Ratusan emak-emak di dusun Rewulu Wetan, Desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Kabupaten DIY antusias mengikuti Senam Nusantara Dua yang digelar oleh tim pemenangan pasangan Capres, Prabowo-Sandi, pada Jumat (16/11/2018).

Rencana awal, kegiatan yang dinamai Senam Emak-Emak Bahagia Bersama Bang Sandiaga Uno ini juga akan ada sesi pembagian doorprize berupa sejumlah sepeda dan bingkisan untuk para peserta.

Baca Juga:  PN Sleman Gelar Sidang Perdana Pembunuhan Feby Mahasiswa FMIPA UGM

Namun, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman, Abdul Karim Mustofa mengingatkan bahwa kegiatan pembagian doorprize merupakan hal yang dilarang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 23 Tahun 2018, khususnya pasal 53.

“Jangan sampai politik uang terjadi lagi di sleman,” kata Karim, yang disambut tepuk-tangan dari para emak-emak yang hadir.

Sementara Zuhdan selaku kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sleman yang juga tercatat sebagai salah satu calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Sleman berdalih, pemberian doorprize tersebut untuk lebih menyemangati para emak-emak yang sudah antusias mengikuti senam kali ini.

Baca Juga:  Mantan Koruptor boleh "Nyaleg", Begini Komentar Novel Baswedan

Zuhdan juga mengaku, selama ini pihaknya sudah terbiasa memberikan bantuan kepada masyarakat, melalui yayasan sosial yang ia kelola, sejak 2007 lalu.

Terkait dengan larangan pembagian doorprize di PKPU sebagaimana yang disebutkan Ketua Bawaslu Sleman, Zuhdan menyatakan, pada dasarnya ia juga memahami aturan tersebut. Hanya saja, ia menjelaskan, kegiatan kali ini sebenarnya dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama senam dan pembagian doorprize sebagai bagian dari kegiatan yayasan, kemudian disusul dengan acara bersama Sandiaga Uno.

Baca Juga:  Infrastruktur belum "Ramah" Difabel, Ohana Datangi Kantor DPUPKP Sleman

Meski begitu, untuk mengobati kekecewaan para emak-emak yang sudah hadir ikut senam dan menunggu doorprize, maka pembagian hadiah akan diberikan pada hari Minggu (18/11/2018) pagi, dalam format kegiatan yang berbeda. (Rep-03)