Disdikpora: Sudah Mencapai 40 Persen

 SLEMAN (Kabarkota.com) – Ujian Nasional (UN) 2014 SMA sederajat akan dilaksanakan pada 14-16 April 2014. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman mengklaim, persiapannya telah mencapai 40 persen.
 
Menurut Kepala Seksi Kurikulum Siswa Disdikpora Kabupaten Sleman, Sudiro, saat ini persiapannya telah memasuki tahap pemasukan data raport siswa. Untuk SMA dari semester 3 sampai 5, sedangkan untuk SMK dari semester 1 sampai 5.
 
“Tahap selanjutnya adalah memasukkan nilai ujian sekolah siswa, yang ditargetkan selesai pada awal bulan Maret mendatang,” jelas Sudiro kepada Kabarkota.com, di ruang kerjanya, Senin (10/2).

Baca Juga:  Ini Catatan Evaluasi Pilkada 2015

Sudiro menjelaskan, UN SMA sederajat tahun ini akan diikuti 11.414 siswa dari 116 sekolah di Kabupaten Sleman, dengan rincian siswa SMA/MA sebanyak 4922  siswa dari 60 sekolah, dan siswa SMK berjumlah 6.492 dari 56 sekolah.

Untuk mendongkrak kelulusan siswa SMA sederajat, menurut Sudiro, Disdikpora Kabupaten Sleman akan menerapkan sistem kemitraan. Dengan sistem ini, sekolah-sekolah SMA atau SMK yang nilai UN-nya bagus mendampingi sekolah-sekolah yang hasil kelulusannya kurang bagus.
 
“Disdikpora juga mengumpulkan guru-guru mata pelajaran yang akan di-UN-kan untuk melakukan latihan bersama, kebijakan pertukaran guru, dan anak pintar sebagai pendamping teman sebaya,” terang Sudiro.
 
Dengan kebijakan tersebut, ungkapnya, nilai kelulusan siswa SMA sederajat terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika pada  tahun 2012 nilai kelulusannya berada di posisi ke-4 dari 5 kabupaten/ kota di DIY, maka di tahun 2013 peringkatnya telah naik ke posisi ke-3. (jid)

Baca Juga:  De Arca Yogya, Wahana Selfie bersama Tokoh Idola Dunia

 

SUTRIYATI