DIY Perpanjang Lagi Masa Tanggap Darurat Covid-19

Gubernur DIY (kiri) dan Wakil Gubernur DIY (kanan) saat menggelar rapat tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (30/7/2020) (dok. screenshot video Humas Pemda DIY)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY kembali memperpanjang status tanggap darurat bencana Covid-19 yang akan berakhir pada 31 Juli besok

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, Gubernur telah menetapkan perpanjangan status tanggap darurat Covid-19 di DIY hingga akhir bulan Agustus 2020 mendatang.

Baca Juga:  Sejumlah Pedagang di Pasar Beringharjo dan Pasar Cebongan Terpapar Covid-19

“Status bencana nasional sampai dengan hari ini belum dicabut oleh Presiden. itu salah satu dasar,” jelas Aji di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (30/7/2020).

Selain itu, lanjut Aji, perkembangan kasus terkonfirmasi positif di DIY masih cenderung fluktuatif. Di samping itu juga ada kebutuhan-kebutuhan penanganan Covid-19 dalam kondisi tanggap darurat, seperti persiapan pemulihan ekonomi, pemberian bantuan sosial, dan juga penanganan di bidang kesehatan.

Baca Juga:  Bravo 5 DIY Siap beri Pendampingan Restrukturisasi Kredit untuk UMKM di masa Pandemi

Perpanjangan masa tanggap darurat tersebut dituangkan secara tertulis dalam Surat Keputusan Gubernur DIY No. 227/KEP/2020 tentang Penetapan Perpanjangan Ketiga Status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 di DIY yang ditandatangani pada 30 Juli 2020.

Dengan perpanjangan masa tanggap darurat ini, maka Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X memugaskan agar Wakil Gubernur DIY mengambil langkah dan tindakan yang diperlukan untuk pencegahan dan penanganan dampak buruk bencana non alam terebut.

Baca Juga:  Dunia Tengah Mengalami Revolusi Industri Keempat, Ini Cirinya

“Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal 1 Agustus 2020,” tulis Sultan. (Rep-02)