Download Youtube di Android tanpa Aplikasi, Begini Caranya

Ilustrasi (sumber: masyadi.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Download Youtube melalui handphone (HP) umumnya akan menguras kuota internet dan menyita waktu. Belum lagi harus mengunduh aplikasi app melalui play store di HP android.

Tapi, sebenarnya ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendownload video youtube di HP android yang hemat waktu dan kuota internet bahkan tanpa aplikasi.(Baca juga: 10 Solusi Atasi BlackBerry Lemot)

Begini caranya, Anda bisa  menggunakan banyak cara. Di antaranya melalui webtools en.savefrom.net, hingga berbagai aplikasi yang mendukung pengunduhan video, seperti tubemate, mediaclip, dan youtubedownloader.

1. Pertama, silakan buka video youtube yang akan Anda download

2. perhatikan tombol tengah kanan layar hp Anda. Di situ ada tombol anak panah ke bawah yang menandakan tombol download. Nah untuk mendownload video youtube dari android, Anda  dapat menekan tombol tersebut.

Untuk bisa mendownload dengan cara tersebut, pastikan Anda  sudah memperbarui app youtube versi terbaru, jika masih menggunakan apps yang jadul silahkan perbarui dulu lewat google play store

Kelemahan dari cara ini, video tidak bisa di kirim ke hp android yang lain , melainkan hanya bisa ditonton sendiri secara offline. Namun jika  ingin mengunduh video youtube secara full dan dapat dikirimkan ke hp yang lain atau bisa di pindah – pindah, Anda bisa menggunakan cara dibawah ini.(Baca juga: Ingin Ponsel Tidak Cepat Panas? Ini Caranya)

Cara Alternatif Download Video Youtube di Android dengan SaveFrom (Baca juga:Tips agar HP dan Tablet Layar Sentuh Anda Awet)

Sementara untuk bisa mendowload video youtube dengan webtools saveFrom.net,  perhatikan langkah – langkah berikut :

1. Buka Youtube yang akan Anda unduh.

2. Tekan Tombol Berbagi lalu pilih yang ada bagian kanan sendiri , yaitu klik salin url ( yang saya beri tanda kotak merah )

3. Buka browser melalui google chrome atau sejenisnya. di bagian Adress Bar silakan kutip ( salin ) link yang di copy tadi

4. Setelah anda kutip link video youtubenya,  secara otomatis linknya juga berubah ( di tahap ini anda tidak perlu melakukan apa – apa, namun pastikan anda sudah bisa sampai tahap ini )

5. Kemudian ganti link m.youtube.com menjadi ssyoutube.com (m. dihapus dan diganti ss)

6. Setelah linknya dirubah kemudian klik enter , tunggu beberapa detik nanti akan muncul pilihan kualitas video yang disajikan ( MP4 360p , MP4 720p dll ). Pilih salah satu link kualitas video yang akan Anda download

7. Terakhir, Anda tinggal menunggu proses download video youtube selesai diunduh. (Masyadi.com)