El Nino Berpeluang Muncul di DIY, BMKG Imbau Masyarakat tak Panik

Ilustrasi (dok. kabarkota.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, fenomena El Nino berpeluang muncul di Indonesia, termasuk di DIY.

El Nino adalah peristiwa penghangatan lautan lebih dari 0.5 derajat celcius di Samudera Pasifik tropis bagian tengah dan timur yang diikuti oleh perubahan sirkulasi atmosfer di atasnya berbeda dari kondisi normal.

Namun, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Stasiun Klimatologi (Staklim) BMKG DIY, Etik Setyaningrum mengimbau, agar masyarakat tak panik, sebab El Nino bersifat lemah.

Baca Juga:  Dua Pekan Galang Dana untuk Lombok, Mahasiswa Kumpulkan Ratusan Juta Rupiah

“Dampak untuk wilayah DIY khususnya mempengaruhi penurunan intensitas curah hujan, pada periode musim hujan 2018 atau 2019 dan musim kemarau di tahun 2019,” jelas Etik kepada kabarkota.com, Selasa (19/2/2019).

Di bulan Februari ini, lanjut Etik, sebagian besar wilayah DIY masih berpotensi hujan dalam kategori tinggi. Mengingat, faktor dinamika atmosfer dan laut masih sangat mendukung bagi pertumbuhan awan awan hujan.

“Curah hujan bulan pebruari 2019 berkisar 300-500 mm per bulan, dengan kategori cukup tinggi curah hujan per bulannya,” ucapnya

Baca Juga:  Ini Cara Unik Mencegah Demam Berdarah

Oleh karenanya, pihaknya berharap, agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi potenai bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan petir yang masih berpeluang muncul di wilayah yogyakarta. (Rep-03)