Empat Gunung Api Berstatus Siaga, Dua Puluh Waspada

JAKARTA (kabarkota.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan empat gunung api di Indonesia saat ini berubah status menjadi Siaga. Dua puluh lainnya dalam tahap Waspada.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, empat gunung tersebut adalah Gunung Slamet, Sinabung, Karangetang, dan Lokon. Sedangkan 20 gunung api berstatus Waspada adalah Gunung Merapi, Rokatenda, Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci.

Baca Juga:  Ketua Pansus Pelindo II Minta KPK tak hanya Berhenti pada Kasus Pengadaan Barang dan Jasa

"Penentuan status gunung api ini kewenangan PVMBG Badan Geologi, untuk memberikan keselamatan masyarakat yang tinggal di sekitar gunung," ungkap Sutopo dalam rilisnya, Rabu (30/4).

Dia menambahkan, status Siaga itu bermakna semua data menunjukkan aktivitas dapat segera berlanjut ke letusan atau menuju pada keadaan yang dapat menimbulkan bencana.

Karena itu, tindakan yang harus dilakukan, menurut Sutopo, adalah sosialisasi di wilayah terancam, penyiapan sarana darurat, koordinasi harian, dan piket penuh.

Baca Juga:  Rekrutmen Calon Pekerja Sadar BPJS Ketenagakerjaan 2019 Dibuka

"Peringatan dini ini kami diberikan kepada BNPB, Kepala Daerah, BPBD dan Pemda yang memiliki otoritas dalam penanggulangan bencana," jelas dia. (jid)