Enam Hal agar si Pendiam Lebih Menonjol di Tempat Kerja

Ilustrasi (sumber: heath.liputan6.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Seorang yang introvert (pendiam) umumnya jarang dikenal di komunitasnya, termasuk juga oleh atasannya di tempat kerja.

Tak heran, meski sudah cukup lama bergabung di tempat kerja, namun si Bos sulit mengingat nama si pendiam. Namun, sebenarnya ia masih punya kesempatan untuk tampil lebih menonjol di tempat kerja, tanpa perlu bertingkah berlebihan.

Loading...

Berikut beberapa cara, yang bisa dilakukan si pendiam agar bisa lebih di kenal di lingkungan kerjanya:

1.Hadapi Satu Per Satu
Menurut seorang konsultan imej, Patty Buccellato, seorang pendiam tetap bisa menarik perhatian atasan dengan banyak melakukan diskusi one on one. Misalnya dengan berdiskusi sambil minum kopi di kantin ketika ingin mengutarakan sebuah masalah. Atau jika kurang nyaman mengemukakan sebuah ide di pertemuan terbuka, ia bisa menyampaikannya di tempat yang lebih pribadi.

2.Lebih Banyak Menerima Tanggung Jawab

Upaya untuk lebih dikenal bisa dilakukan dengan menerima lebih banyak tanggung jawab, terutama yang memungkinkan karyawan introvert untuk bekerja sama dengan kolega di luar divisi. Meskipun nantinya perannya belum terlalu menonjol, tetapi setidaknya namanya akan lebih sering disebut di pertemuan.

Meski begitu, hindari bersikap terlalu ambisius dengan menyanggupi tugas yang tidak dikuasai.

3.Tampil Lebih Menarik
Para konsultan imej menyatakan bahwa berdandan lebih baik bisa memberi perubahan pada perkembangan karir.

Konsultan Sola A. Adelowo pun memberi sebuah contoh di mana ada seorang pekerja yang berdandan terlalu kasual menyebabkannya jadi kurang dipercaya. Meski secara kemampuan dia sangat kompeten, para atasan melihat karyawan tersebut belum mampu menempati posisi tinggi. Hal tersebut dikarenakan penampilannya yang kurang menjanjikan dibanding rekan-rekan lain yang berdandan lebih pantas.

4.Tonjolkan Bahasa Tubuh
Gunakan saja bahasa tubuh untuk lebih menarik perhatian. Sebab, menurut pelatih karir, Lissa Male, orang akan memperlakukan Anda sebagaimana Anda bersikap. Jadi berlagaklah seperti seorang karyawan yang berwibawa.

Ia juga menyarankan agar mereka yang ingin menonjolkan diri untuk berdiri dengan postur lebih tegap, jangan ragu untuk mendongakkan kepala tanpa terlihat sombong, gunakan kontak mata untuk menunjukkan ketertarikan, dan bergeraklah dengan perlahan namun penuh daya.

Selain itu, banyak tersenyum juga bisa menjadi sinyal bahwa seseorang terlihat percaya diri dan mudah didekati.

5.Jangan Hindari Konflik
Terkadang karyawan yang vokal dalam menyelesaikan persoalan lebih membuat banyak orang penasaran dan ingin mengenal secara lebih dekat. Mereka juga kerap dinilai lebih efektif dan efisien ketika dihadapkan dalam sebuah situasi yang kurang menyenangkan sehingga bos bisa lebih percaya untuk memberi tanggung jawab besar.

6.Semangati Tim
Ketika memang merasa tidak nyaman untuk menonjolkan diri sendiri demi menarik perhatian,maka alihkan fokusnya pada orang lain. Misalnya jika ada seorang rekan yang mengenakan baju yang menarik, jangan ragu untuk memberi pujian. Atau dengan bersikap perhatian bila ada seorang rekan tengah sakit. Hal tersebut akan membuat para rekan lebih menaruh perhatian dan simpati pada si pemberi pujian. (Wolipop)