Fakta Baru Calon Bandara Yogya yang Tak Dimiliki Bandara Lain di Indonesia

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Bandara udara baru Yogyakarta akan dibangun di Kulonprogo untuk menggantikan bandara Adisutjipto yang dianggap sudah tidak layak lagi. Bandara baru yang diberi nama New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini direncakan beroperasi di tahun 2019.

Yang unik adalah panjang bandara NYIA ini diklaim sebagai landasan terpanjang di Indonesia. Runway yang akan dibuat untuk tahap awal sepanjang 3250 meter dan 3600 meter.

Baca Juga:  Ada Bahaya Tsunami di Bandara Kulon Progo, Apa Kata Pemerintah?

Pimpinan Proyek NYIA PT Angkasa Pura I Sujiastono menjelaskan, panjang landasan di NYIA ini nantinya lebih panjang daripada di Bali dan terpanjang dibandingkan dengan bandara lainnya yang ada di Indonesia.

“Di Bali saja hanya 3000 meter,” ungkapnya.

Dengan panjang landasan tersebut, kata Sujiastono, pesawat besar bisa masuk ke Yogyakarta, dan wisatawan asing seperti dari Cina dan lainnya yang selama ini ketika akan ke Yogyakarta transit via Bali atau Jakarta dulu, nantinya akan bisa langsung masuk ke Yogyakarta.

Baca Juga:  Soal Pencalonan, KPU DIY Kembali Digugat

Diakui Sujiastono meskipun target operasional bandara di tahun 2019, namun pada saat itu kondisinya dipastikan masih belum maksimal. ‘’Yang penting di tahun 2019 bandara di Kulon Progo  sudah bisa didarati dulu dan penumpang sudah  bisa memakai bandara tersebut dengan terminal yang masih terbatas jumlahnya dan sambil membangun terus,’’ujarnya.

(republika/ed-02)