Gelombang Tinggi, Ini Imbauan Sultan dan BMKG

Peringatan dini potensi gelombang tinggi dan angin kencang di pesisir selatan DIY (dok. BMKG DIY)

SLEMAN (kabarkota.com) – Gelombang tinggi dan angin kencang diperkirakan masih akan terjadi di sepanjang pesisir pantai selatan DIY, hingga 11 Agustus 2018 mendatang. Kepala Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY, Agus Sudaryatno menyebut, ketinggian gelombang air laut antara 2-5.5 meter.

Karenanya, BMKG mengimbau, agar masyarakat khususnya nelayan di pesisir selatan untuk sementara waktu tidak melaut. Masyarakat yang berencana untuk berlibur ke pantai sebaiknya juga mewaspadai potensi gelombang pasang dan angin kencang yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Waspadai peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang bagi masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai,” pinta Agus, Selasa (7/8/2018)

Selain itu, masyarakat yang terlanjur berada di pesisir selatan, diharapkan dapat menaati imbauan dari petugas setempat, serta selalu mengikuti perkembangan terkini dari BMkG tentang informasi cuaca dan ketinggian gelombang.

Imbauan serupa juga disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, baru-baru ini. “Gelombang tinggi tidak bisa diatasi. Kita jangan menentang alam. Kalau memang kondisi seperti itu ya berhenti (melaut) sebentar,” harap Sultan.

Sementara ditanya terkait pemulihan lahan-lahan pertanian di Bantul yang rusak karena dampak gelombang tinggi, Raja Keraton Yogyakarta ini mengaku, pihaknya belum mendapatkan laporan dari Pemda Bantul tentang kerusakan lahan tersebut.(sutriyati)