Google Segera Uji Coba Mobil Otomatis

0
1

Ilustrasi (sumber: dbi.io)

SAN FRANCISCO (kabarkota.com) – Raksasa internet dunia, Google mengumumkan, prototipe lengkap kendaraan otomatis tanpa kemudi telah siap diujicobakan di jalanan.

"Kami akan menghabiskan masa liburan di trek latihan dan kami berharap bisa melihat Anda di jalanan California Utama pada tahun baru," kata Google melalui jejaring sosial Google+, pada Senin (22/12) waktu setempat.

Prototipe ini merupakan realisasi dari rencana Google untuk menciptakan mobil otomatis tanpa roda kemudi pada Mei lalu.

"Selain tanpa roda kemudi, Mobil ini juga tak dilengkapi pedal akselerator, atau pedal rem, karena memang tidak diperlukan. Software dan sensor-sensor kami akan melakukan itu semua," kata Chris Urmson dari Google dalam posting blognya.

Sedangkan kecepatan puncak dari prototipe berdaya baterai ini 40 km per jam dan dirancang untuk kemanfaatan, bukan kemewahan.

Dalam blog itu, Urmson menunjukkan kendaraannya berbentuk bundar menyerupai serangga.

"Kami tengah mencoba prototipe-prototipe berbeda-beda yang masing-masing dirancang untuk menguji berbagai sistem kendaraan swakemudi ini," ucapnya lagi

Misalnya, sebut Google, bagian-bagian kendaraan seperti kemudi dan rem, selain juga bagian-bagian lain seperti komputer dan sensor. Pihaknya telah menempatkan semua sistem itu dalam prototipe kendaraan pertama yang berfungsi agar melaju secara otonom.

Mike Hudson dari eMarketer memprediksi, jika diadopsi secara luas, maka kendaraan otomatis keluaran Google ini akan sama transformatifnya dengan ponsel pintar bagi kehidupan konsumen. Saat ini, sejumlah produsen mobil juga sedang membuat fitur kendaraan otonom atau semiotonom, seperti mobil yang bisa memarkir sendiri, tapi belum ada yang benar-benar dilempar ke pasar. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here