Harap-harap Cemas Menanti Kepulangan Warga Yogya dari Natuna

Ilustrasi (dok. twitter @BNPB_Indonesia)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Rencana pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Natuna ke daerah termasuk ke DIY dikabarkan segera dilakukan.

Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji mengatakan, sesuai instruksi pemerintah pusat, kepulangan WNI dari Natuna ke Jakarta agar dikoordinasikan oleh Badan Penghubung Daerah masing-masing Pemda yang berkantor di Jakarta

Untuk itu menurut Ditya, Pemda DIY telah mendelegasikan proses kepengurusan kepulangan WNI asal DIY di Halim Perdana Kusuma, Jakarta kepada Badan Penghubung Daerah DIY.

Baca Juga:  Ketika Anak Susah Makan, Ini yang Seharusnya Dilakukan

“Selanjutnya akan ada perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang akan menjemput di Bandara Adisutjipto guna membantu untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga tersebut bertemu dengan keluarga,” jelas Ditya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/2/2020).

Pihaknya juga menyatakan, tak akan ada penyambutan khusus oleh Gubernur DIY atas kepulangan sejumlah WNI itu nantinya.

“Waktu kepulangan ke Yogyakarta akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pemantauan kesehatan, Ditya menegaskan, prosesnya sudah selesai dilakukan di Natuna, sehingga sesampainya di Yogyakarta tidak akan ada lagi tes medis apapun.

Baca Juga:  Jumlah Koperasi di Kota Yogya Menyusut

Sebelumnya, beredar kabar bahwa pemulangan WNI dari Natuna ke Jakarta dilaksanakan pada Sabtu (15/2/2020). Sekitar 238 orang dari berbagai daerah termasuk DIY tersebut diterbanfkan langsung ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dengan menggunakan pesawat milik Lion Air Group.

Sesampainya di Jakarta, Menteri Kesehatan RI menyerahkan pada WNI tersebut ke Pemda masing-masing untuk kemudian dipulangkan ke keluarga mereka.

Sementara Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic Lion Air Group, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ada seremonial pemulangan WNI dari Natuna di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. Hanya saja, pihaknya masih enggan memberikan penjelasan lebih lanjut terkait rencana pemulangan WNI ke daerah masing-masing.

Baca Juga:  Walhi sebut Bandara Baru di Kulon Progo Proyek Selundupan

“Kalau mengenai WNI, saya belum bisa memberikan keterangan,” jawabnya kepada kabarkota.com. (Rep-02)