Hindari Font Jenis Ini Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Ilustrasi (sumber: opiniartikel.kampung-media.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Cirriculum Vitae (CV) menjadi perwakilan diri kepada pihak perusahaan saat mengajukan lamaran kerja.

Tahukah Anda bahwa pilihan huruf (font) yang digunakan akan mempengaruhi menarik tidaknya sebuah lamaran kerja yang diajukan?

Para ahli typography dan penasihat karier mengungkapkan, ada beberapa jenis huruf yang dapat membuat kesempatan dipanggil wawancara menurun drastis, salah satunya font Times New Roman.

Menurut ahli font, Martina Flor, jika Anda mengetik lamaran dengan huruf Times New Roman sama saja seperti mengenakan celana olahraga ke tempat kerja. Mengapa?

“Itu memberi kesan bahwa Anda tidak mau berpikir untuk memilih jenis huruf. Itu seperti mengenakan celana olahraga,” ujar Martina.

Tampilannya yang sederhana, Times New Roman memang banyak digunakan para pelamar karena dianggap pilihan font yang tepat untuk membuat surat lamaran. Namun, menurut Martina, hal tersebut justru membosankan.

Selain Times New Roman, lanjutnya, font jenis Calibri, Helvana, Verdana, serta Helvetica juga disarankan untuk ditinggalkan.

“Calibri sebaiknya dihindari pelamar karena membuat CV terlihat berlebihan, terlebih jika Anda melamar sebagai desainer atau pekerjaan seni lainnya,l ucapnya.

Sementara Helvana memang memiliki desain klasik, namun tidak semua orang menyukai font yang satu ini.

Sedangkan Verdana sebenarnya merupakan huruf yang indah, bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bila jenis huruf itu menggambarkan objektivitas, stabilitas, dan modernitas, tapi tetap tak disarankan lantaran terlalu besar dan terkesan norak. (Wolipop)

Editor: Ika