Hujan Deras Disertai Angin Kencang: Belasan Pohon Tumbang, Rumah Rusak

Petugas dari BPBD DIY dan warga tengah berada di salah satu titik lokasi kejadian pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang, Jumat (1/3/2019) sore. (dok. trcbpbddiy)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di DIY, pada Jumat (1/3/2019) sore. Akibatnya, belasan pohon tumbang, dan beberapa rumah mengalami kerusakan.

Komandan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) DIY, Pristiawan Buntoro, saat dikonfirmasi kabarkota.com membenarkan adanya kejadian pohon tumbang dan rumah rusak di sejumlah wilayah DIY.

Berdasarkan laporan situasi hujan disertai angin Kencang di Wilayah DIY yang dihimpun Pusdalop PB DIY pada pukul 17.00 WIB, tiga kecamatan di Kota Yogyakarta, yakni Kecamatan Kotagede, Wirobrajan, dan Ngampilan, sedikitnya tiga pohon tumbang dan satu rumah rusak karena atapnya yang terbuat dari seng beterbangan diterpa angin kencang.

Sementara wilayah Bantul, tepatnya di Kecamatan Banguntapan dan Kecamatan Kasihan, sekitar 16 pohon roboh dan sebagian menimpa rumah-rumah warga, serta tiang listrik. Sedangkan di Sleman, tepatnya di Kecamatan Pakem, sebuah pohon juga tumbang hingga menimpa rumah warga.

Sebelumnya, Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Staklim BMKG) DIY telah mengeluarkan peringatan dini cuaca DIY tanggal 1 Maret 2019, yang dimulai pada pkl. 11.30 WIB hingga Update peringatan Dini Cuaca pada pkl. 16.00 WIB.

BMKG memperkirakan, terjadi hujan dengan intensitas sedang – lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah DIY. Bahkan peringatan dini tersebut dikeluarkan sebanyak empat kali, pada pukul 11.30, 12.45, 14.45, dan 16.00 WIB. (Ed-02)

Loading...