Hujan meteor diprediksi terjadi nanti malam

Ilustrasi (youtube.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Menjelang tengah malam hingga fajar, Jumat (12/8/2016) nanti, diperkirakan langit akan dihiasi hujan meteor yang dikenal dengan nama Perseids.  Dinamakan Perseids karena pusat radiant meteor ini dari Rasi Perseus.

Berdasarkan informasi yang beredar di sejumlah media sosial, perseids ini merupakan salah satu fenomena hujan meteor terbesar setiap tahunnya. Asal meteor shower Perseids disebabkan oleh sisa-sisa debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang pertama kali teramati pada tahun 1862. Swift-Tuttle begitu legendaris karena pada 14 Agustus 2126 diramalkan bakal berbenturan dengan Bumi. 

Baca Juga:  Agenda Kegiatan di Yogyakarta 29 April - 3 Mei 2016

Perseids juga bisa menampakkan 80 hingga 100 meteor per jam saat malam puncaknya. Bakan, dengan kecepatannya yang mencapai 60 km per detik menjadikan meteor ini terlihat melesat lebih cepat dibanding meteor lain. 

Shower ini juga dikenal sering menghasilkan goresan cahaya yang panjang terutama jika ia berada cukup jauh dari radiantnya. 

Radiant meteor ini diperkirakan akan terbit di arah Timur Laut, sekitar pukul 23.00 WIB. Namun, Shower ini dapat disaksikan mulai pukul 22.00 malam hingga pagi sebelum fajar menyingsing. 

Baca Juga:  Federasi Serikat Perempuan Pekerja Rumahan Kota Yogyakarta Terbentuk

Untuk itu, masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam yang langka tersebut, dapat bergabung dengan klub-klub astronomi di kota masing-masing, untuk melakukan pengamatan atau mencari tempat yang lapang dan gulita, untuk bisa menikmati pertunjukan tersebut, dengan mata telanjang. (Rep-03/Ed-03)