Indeks Kekuatan Perang Negara di Dunia Dirilis, Nomor Berapa Indonesia?

Peluru kendali (Rudal) milik TNI. (Sumber: tempo.co)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Sebuah situs yang merilis kekuatan perang negara berbasis militer mengeluarkan daftar jumlah kekuatan militer 26 negara di dunia. Penilaian dalam situs bernama Globalfirepower ini menilai dari beberapa aspek; dari jumlah penduduk, kekuatan angkatan darat, kekuatan angkatan udara, kekuatan finansial, pasukan, hingga produksi minyak yang dihasilkan maupun yang dibutuhkan.

Dari situs yang dirilis 17 Februari 2015 ini menempatkan Amerika Serikat diurutan teratas yang kemudian disusul Rusia, Cina, India, dan Inggris. Sementara, Indonesia berada di posisi 12. Di tingkatan Asia, Indonesia hanya kalah dari Cina, India, Korea Selatan, dan Jepang. Di Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi teratas, di susul Australia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Malaysia.

Baca Juga:  Ditanya Gaung Hukuman Mati Indonesia di Uni Eropa, Ini Komentar Dubes

Berikut daftar 15 besar negara kuat berdasarkan Globalfirepower; (1) Amerika Serikat; (2) Cina; (3) India; (4) India; (5) Inggris; (6) Perancis; (7) Korea Selatan; (8) Jerman; (9) Jepang; (10) Turki; (11) Israel; (12) Indonesia; (13) Australia; (14) Kanada; (15) Taiwan. (www.globalfirepower.com)