Ingin Jadi Desainer? Ini Perguruan Tinggi di Yogyakarta yang Cocok untuk Anda

Ilustrasi. (Sumber: analisapublik.com)

YOGYAKARTA – Memilih sebuah jurusan untuk melanjutkan studi memang perlu pertimbangan. Selain kualitas perguruan tinggi, ada juga pertimbangan lokasi perguruan tinggi berada. Tak terkecuali Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan sekaligus budaya.

Jika Anda tertarik menjadi desainer atau animator dengan mengambil Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), ada beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta yang terdapat jurusan atau konsen pada DKV. Pilihan pertama bisa ke Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Perguruan Tinggi yang beralamat Jalan Parangtritis Km. 6,5, Sewon, Bantul, Yogyakarta ini konsen di bidang seni, salah satunya seni rupa, terlebih melalui jurusan DKV yang masuk Fakultas Seni Rupa. Pengalaman untuk dapat belajar desain menjadi tempat yang recommended. Untuk alamat website bisa mengakses di www.isi.ac.id atau di www.fsr.isi.ac.id.

Selain ISI, ada Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain (STSRD) Visi. Perguruan tinggi ini beralamat di Jalan Tamansiswa nomor 150 B, Yogyakarta. Letaknya yang berada di tengah kota memungkinkan untuk akses yang terjangkau. Terkait seperti apa dan bagaimana tentang Jurusan DKV di STSRD Visi, Anda bisa mengakses informasi di website www.advy.ac.id.

Selanjutnya, perguruan tinggi di Yogyakarta yang memiliki jurusan DKV, ada Politeknik Seni Yogyakarta dengan nama jurusan Desain Komukasi Visual. Mengenai isi, seluk-beluk, dan bagaimana DKV di perguruan tinggi ini, informasi bisa diakses di www.poliseni.ac.id.

Selain tiga perguruan tinggi tersebut juga ada opsi lain dengan mengambil jurusan Seni Rupa. Di Jurusan juga memiliki pilihan untuk konsen pada DKV. Adapun perguruan tinggi yang memiliki jurusan Seni Rupa yakni Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Kedua kampus tersebut, disamping belajar DKV juga memiliki pembelajaran di ilmu pendidikan.

Dari beberapa kampus tersebut, pembelajaran seputar DKV dapat didukung oleh beberapa tempat pameran yang mudah di akses di lingkup Yogyakarta selain di kampus masing-masing. Diantaranya; Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Bentara Budaya Yogyakarta (BBY), Jogja National Museum (JNM), dan beberapa tempat lainnya.