Ingin Memperluas Koneksi Kerja? Perhatikan Lima Tips Ini

Ilustrasi (sumber: Fimela.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Guna membangun karier yang cemerlang terkadang kepandaian dan kerja sama saja tak cukup. Kemampuan dalam membangun koneksi bisa menjadi faktor X yang membuat pekerjaan Anda lebih mulus jalannya. Namun, membangun koneksi pun menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi Anda yang merasa kurang berbakat dalam bersosialisasi.
 
Menurut Louisa Symington-Mills dari Citymothers, seni berbicara memang seharusnya dipelajari. Berikut lima langkah yang bisa Anda coba untuk membangun koneksi kerja di luar perusahaan:

1. Konsentrasi
Saat Anda sedang mengobrol dengan kolega dari perusahaan lain yang diniatkan untuk membangun koneksi lakukanlah dengan konsentrasi. Terlebih saat Anda berada di sebuah acara yang ramai dan dipenuhi banyak kenalan.

Baca Juga:  Berburu Kopi Nangka di Kopi Kioen Yogya

Ketika Anda melihat orang penting yang ingin dikenal lebih dekat, jangan ragu-ragu untuk mendekatinya. Namun jika sedang bercakap-cakap dengan orang lain, jangan mendadak meninggalkannya. Sebab, Anda bisa dianggap sebagai orang yang arogan dan tidak sopan. Sebaiknya tutup pembicaraan 'sehalus' mungkin.

2. Mendengarkan
Ketika tengah berbincang dengan orang penting yang Anda incar, buatlah diskusi menjadi menarik dengan mendengarkannya secara seksama. Kunci dari pembicaraan yang bermakna adalah mendengarkan kemudian menggali informasi atau pertanyaan dari apa yang dia katakan.

Baca Juga:  Indonesia, Negara nomor 3 paling Rentan terhadap Malware, Apa yang harus Dilakukan?

Buatlah percakapan tersebut senatural mungkin, hindari kesan memaksa atau terlalu penasaran.

3. Ketahui Orang Tersebut
Jika Anda ingin memberi kesan pada seseorang melalui percakapan, ketahuilah banyak hal tentangnya. Misalnya jika Anda mengetahui dia baru saja memenangkan sebuah proyek besar, tanyalah mengenai hal tersebut. Orang itu pasti akan senang karena merasa dirinya penting dan diperhatikan.

4. Kontak Mata
Saat berbicara dengan kenalan yang berpotensi memperluas jaringan pertemanan, usahakan menjaga kontak mata. Hal tersebut akan membuat Anda terlihat tertarik dengan pembicaraannya dan percaya diri. Meski orang tersebut adalah tokoh penting yang ternama, usahakan untuk tidak terlihat gugup dengan memalingkan pandangan.

Baca Juga:  11 Hal yang Membuat Yogya jadi Incaran Pekerja

5. Dekati Semua Orang
Memperluas jaringan mudah dilakukan ketika Anda berada di sebuah acara atau pesta yang mempertemukan banyak pegawai dari perusahaan yang berbeda. Bahkan jika sebenarnya Anda merupakan orang yang cenderung tak banyak bicara bukan berarti Anda tak bisa handal dalam membangun koneksi.

Jika terlalu malu untuk mendekati orang, mulailah dengan orang-orang sekitar yang terlihat 'sama pemalu'-nya dengan Anda. Bisa jadi dia adalah seorang CEO penting yang bersikap tenang. (Wolipop)