Ini Dia Komputer Bekas yang Harganya paling Berkelas

Apple-1 yang dibuat pada 1976 saat berada di Museum Sejarah Komputer, Mountain View, California, 24 Juni 2013. (sumber: getty images)

New York (kabarkota.com) – Henry Ford Museum di Dearborn, Michigan, salah satu negara bagian Amerika Serikat, Rabu waktu setempat rela mengeluarkan dana sekitar 905 ribu Dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 10,9 Milyar untuk membeli sebuah komputer bekas.

Komputer bekas dengan harga paling berkelas di dunia ini merupakan komputer rakitan Apple pertama (Apple-1) yang dirakit oleh Steve Wozniak pada tahun 1976 lalu.

Baca Juga:  Ini Cara Merekam Panggilan Telepon di Smartphone

Spesialis senior yang bertanggung jawab dalam sejarah penjualan sains, Cassandra Hattor mengatakan meski telah berusia puluhan tahun, namun kondisi komputer bekas ini masih luar biasa.

Ia menjelaskan, selain dilengkapi dengan motherboard yang masih utuh, Komputer keluaran perusahaan milik Steve Jobs ini juga memiliki keyboard antik, monitor Sanyo, sebuah power supply modifikasi di dalam kotak kayu, serta dua tape-decks antik.

“Kami sangat gembira dapat memecahkan rekor penjualannya di dunia. Apalagi komputer itu mendapatkan rumah baru yang mengagumkan di Henry Ford Museum,” ungkap Hattor seperti dikutip msn.com, Kamis (23/10).

Baca Juga:  Creatormuda Academy ajak Pelajar DIY Tangkal Konten Bernuansa Intoleransi di Media Sosial

Menurutnya, Apple-1 ini sebagai pelopor dari revolusi komputer pribadi, menjadi komputer pribadi rakitan pertama yang pernah dijual.

“Ini adalah salah satu dari 50 komputer yang dirakit sendiri untuk ByteShop oleh Wozniak, pada musim panas tahun 1976 silam,” ungkapnya lagi.

SUTRIYATI