Ini Enam Langkah Menghemat Gaji Bulanan Anda

Ilustrasi (sumber: vemale.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Bagi seorang karyawan, gaji bulanan menjadi hal yang sangat diharapkan. Namun, seringkali gaji yang diterima itu tidak sampai satu bulan sudah defisit. Apalagi yang pendapatannya pas-pasan. Atau, pendapatan besar tapi pengeluaran juga lebih besar.

Bagi Anda yang mengalami defisit anggaran karena besarnya pengeluaran atau minimnya pemasukan, maka tidak ada salahnya mencoba enam tips berikut ini, untuk menghemat pendapatan bulanan Anda.

Menyisakan Uang Gaji Bulanan

Anda bisa menyisihkan 10 sampai 30 % uang setelah mendapatkan gaji. Simpan direkening yang khusus untuk menabung, dan usahakan agar tabungan tersebut tidak diambil.

Membuat Prioritas Pengeluaran

Dahulukan membayar tagihan-tagihan sebelum membelanjakan uang Anda. Sisihkan uang untuk membayar tagihan itu di awal menerima gaji.

Jangan Membelanjakan Uang untuk Shopping

Rencanakan seberapa banyak Anda akan mengeluarkan uang untuk belanja setiap bulannya, dan taat rencana tersebut. Jangan berbelanja berdasarkan keinginan semata. Ada baiknya Anda berfikir untuk mengalokalisikan dana sesuai kebutuhan dan keperluan yang penting untuk ditabung
 
Berbelanja Sesuai Kemampuan
Berbelanjalah sesuai uang yang Anda siapkan, bukan berdasarkan seberapa uang atau bonus yang akan Anda dapat di kemudian hari. Jangan mengeluarkan uang untuk keperluan tidak penting dan berharap akan mendapatkan uang ekstra setelahnya.
 
Membatasi Penggunaan Kartu Kredit

Jangan memiliki lebih dari dua kartu kredit di dompet Anda jika tidak mampu mengontrol penggunaanya. Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar Anda tidak terbebani saat membayarnya. Tuntaskan semua pembayaran kartu kredit dan utang lainnya, segera setelah gaji

Baca Juga:  Tips Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat

Berinvestasi
Investasikan gaji Anda dengan mengikuti asuransi, bermain reksadana atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Atau dengan membuka usaha. (id.jobsdb.com)