Ini Pengakuan Unik Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Soal Kenaikan Pangkatnya

Ki Lurah Sastro Mangun Darsono alias Darsono (Anisatul Umah/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Abdi dalem Keraton Yogyakarta bergelar Ki Lurah Mangun Darsono (66) memiliki cerita unik soal kenaikan pangkatnya sebagai abdi dalem Keraton Yogyakarta. Darsono menuturkan, kenaikan pangkat dari bekel menjadi lurah diperolehnya setelah menemui Sri Sultan Hamengkubuwono X pada Oktober 2014.

Darsono menjelaskan, ia menemui Sultan sebenarnya bertujuan untuk memohon bantuan atas kasus tanah yang menimpanya. Karena sampai sekarang sertifikat tanah itu belum diberikan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sleman.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN ITNY Rintis Desa Wisata Edukasi Kelistrikan di Kalasan

“Pangkat saya dulu Bekel sekarang jadi Lurah setelah mencium kaki Sultan. Sebutan nama saya menjadi Ki lurah Sastro Mangun Darsono,” ungkapnya kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (7/9/2016).

Namun menurut Darsono, pertemuannya dengan Sultan itu hanya berbuah kenaikan pangkatnya, tapi belum berhasil menyelesaikan kasus tanah miliknya yang belum jelas nasibnya hingga saat ini.

Ia pun berencana bertemu Ibunda Presiden Joko Widodo usai lebaran idul Adha 2016 ini, dengan harapan masalah yang menimpanya dan memohon bantuan agar sertifikat tanah miliknya segera diberikan oleh BPN Sleman. (Rep-04/Ed-01)

Baca Juga:  Muhammadiyah dan NU, Representasi Islam Indonesia sebagai Oase Dunia