Ini Polisi Terbaik versi UNICEF, Apa Prestasinya?

Personel Polres Mamuju, Peter Paembon (dok. Humas Polri)

JAKARTA (kabarkota.com) – Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi masalah Pendidikan, UNICEF mengapresiasi anggota  Polisi Polres Mamuju, Sulawesi Barat, Peter Paembon sebagai polisi terbaik. Apresiasi tersebut terkait dengan  keberhasilannya mengembalikan anak-anak yang putus sekolah kembali ke bangku pendidikan di wilayahnya.

Menurut Polisi berpangkat Bregadir ini, ide tersebut muncul dari keprihatiannya melihat saat banyak anak di Kabupaten Mamuju yang putus sekolah hingga akhirnya melaukan pendataan secara langsung.

“Kami bisa mengurangi angka kriminalitas seperti curat, curas, teroris dan pelaku kriminal lainnya lewat pendidikan. Terutama kriminalitas yang melibatkan anak-anak,” kata Peter seperti dikutip akun facebook Divisi Humas Polri, baru-baru ini. 

Tak hanya berhenti di proses pendataan, Peter juga menggerakkan seluruh anggota Polres Mamuju agar bersedia dipotong gajinya Rp50 ribu per bula untuk membiayai anak-anak tersebut. Uang yang terkumpul kemudian dibelikan berbagai alat perlengkapan sekolah. 

“Tapi banyak juga kendalanya. Seperti ada orang tua yang malah tidak mau anaknya disekolahkan. Tapi kami tidak menyerah,” terangnya.

Ditambahkan Peter, hingga memasuki tahun kedua, sedikitnya sudah ada  740 anak putus sekolah yang dikembalikan ke bangku pendidikan. (Rep-03/Ed-03)