Ini Rumus Jitu Mengelola Anggaran Bulanan Anda

Ilustrasi (sumber: bintang.com)

(kabarkota.com) – Mendapatkan gaji besar setiap bulan tidak menjamin seseorang bisa menyisihkan penghasilannya untuk menabung. Sebab bisa jadi, pengeluaran  untuk belanja bulanannya lebih besar dari pemasukan yang diterima.

Lalu bagaimana triknya untuk menganggarkan uang belanja bulanan tetapi juga tetap bisa menabung?  Seorang ahli keuangan dari Harvard bernama Elizabeth Warren dan putrinya, Amelia Warren Tyagi, mengusulkan rumus 50/30/20.

Baca Juga:  Hottang, Camilan Kekinian ala Korea yang lagi Hits di Yogya

Nah berikut Rumus 50/30/20 yang diuraikan dalam empat tahap seperti dilansir laman suara.com:

1. Hitung Penghasilan Bersih Anda
Perlu dicatat bahwa penghasilan di sini adalah penghasilan bersih Anda yang telah dikurangi dari pajak.

2. Batasi Kebutuhan Anda Hingga 50 Persen
Catat seberapa banyak Anda membutuhkan uang untuk kebutuhan selama sebulan. Jumlah uang yang akan Anda gunakan itu seharusnya tidak lebih dari 50 persen dari total penghasilan bersih Anda.

3. Batasi Keinginan Anda Hingga 30 Persen

Di sisi lain, tahap ketiga ini merupakan tahap yang cukup menyenangkan. 30 persen dari penghasilan bersih bulanan Anda dapat Anda gunakan untuk memenuhi keinginan Anda, misalnya untuk liburan.

4. Gunakan 20 Persen Terakhir Untuk Menabung dan Membayar Hutang

Gunakanlah setidaknya 20 persen dari penghasilan bersih Anda untuk membayar hutang-hutang dan juga menabung untuk keperluan yang sifatnya mendadak atau darurat. Dana darurat  juga memiliki banyak fungsi, seperti ketika Anda mendapat musibah kecelakaan atau sakit, barang atau aset rusak, kehilangan pekerjaan, atau juga membayar tagihan.

Baca Juga:  Naik Balon Udara, Dua Wisatawan Malah Masuk Bui