Ini Rute Baru Trans Jogja Interkoneksi, Beroperasi Mulai November 2016

Foto: RRI

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Transportasi dalam kota Yogyakarta, Bus Trans Jogja mulai menambah rute untuk memudahkan para pengguna transportasi umum menjangkau tempat tujuan. Rute baru tersebut menggunakan angkutan umum interkoneksi.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanta menjelaskan, angkutan bus berkapasitas 50 penumpang itu akan mengambil rute berputar mengeliling Ringroad untuk membantu transportasi dalam kota.

Dengan adanya angkutan interkoneksi, ungkap Sigit, penumpang dari dalam kota yang akan keluar kota tidak akan kesulitan lagi. Karena setelah selesai menggunakan Trans Jogja sampai dominasi pinggiran perkotaan atau area Ringroad kemudian sudah ada angkutan interkoneksi.

“Penumpang bisa memilih sendiri, jika akan ke Bantul, maka bisa menggunakan angkutan jenis ini lalu turun di kawasan Jalan Bantul, sedangkan yang akan ke Magelang bisa turun di Terminal Jombor,” kata Sigit.

Sigit menambahkan, konsep pengoperasian ini hampir mirip dengan Trans Jogja, penumpang tidak bisa berhenti di sembarang tempat. Perbedaannya, jika Trans Jogja mendapatkan subsidi dari pemerintah, angkutan interkoneksi ini murni dibiayai sendiri oleh operator.

“Sistem pembayaran tidak menggunakan tiket on halte seperti Trans Jogja. Angkutan interkoneksi akan menerapkan pembayaran tarif di dalam bus,” jelasnya.

Inilah rute baru Trans Jogja Interkoneksi yang beroperasi mulai November 2016:

Rute pertama, dari Bandara Adisutjipto menuju Terminal Condongcatur – Terminal Jombor – Simpang Empat Godean – Simpang Empat Gamping – Simpang Empat Jalan Bantul – Simpang Empat Jalan Paris – Terminal Giwangan – Simpang Empat Jalan Wonosari – Janti dan kembali ke Bandara.

Rute kedua adalah berlawanan dari pertama yaitu Bandara Adisutjipto menuju Janti – Simpang Empat Jalan Wonosari dan seterus mengelilingi ringroad sesuai dengan tujuan rute pertama tersebut di atas dan kembali ke Bandara Adisutjipto.

(Harjo/ Ed-02)