Ini Ulah Peretas Facebook yang Perlu Anda Waspadai

0
2

Ilustrasi (sumber: youtube.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Pernah mengalami akun facebook Anda tiba-tiba tak bisa diakses? Atau, tiba-tiba passwords yang Anda masukkan tidak sesuai dengan email akun, padahal Anda tidak pernah mengubahnya?

Jika itu yang terjadi, hampir bisa dipastikan akun Anda diambil alih atau diretas oleh pihak tertentu yang sedang iseng, melakukan percobaan, atau bahkan ingin balas dendam terhadap Anda.

Lalu bagaimana cara hacker meretas akun Anda? Ini yang penting untuk diperhatikan, agar Anda bisa melindungi akun dari serangan mereka.

Bagaimana pun, semua jaringan keamanan tidak ada yang sepenuhnya sempurna, pasti terdapat celah di sistem keamanan tersebut. Hacker umumnya memanfaatkan sedikit celah kecil itu untuk menembus sistem keamanan, dengan  beberapa teknik. Antara lain:

1. Data Profil Facebook Anda yang lengkap.
Inilah lemahnya para pengguna jejaring sosial, padahal si pembuat Facebook yaitu Mark Zurkberg tidak menyarankan untuk mencantumkan data profil Anda secara lengkap.

Hacker dengan mudah mencuri informasi seperti tanggal lahir, kota kelahiran, hubungan keluarga, film favorit dan sebagainya. Data-data itu nanti yang akan dibutuhkan untuk menjawab mudah pertanyaan keamanan Facebook.

2. Import Kontak Email melalui Yahoo!
Anda salah besar kalau menganggap email yang sudah privat tidak bisa ditembus para peretas. Pasalnya,  akhir-akhir ini marak hack Facebook dengan Import Kontak di Yahoo, dengan memanfaatkan penyedia layanan email Yahoo!

Untuk menyalin alamat email yang Anda gunakan untuk login Facebook. Cukup masuk ke Yahoo! kemudian import kontak Facebook. Setelah mendapatkan datanya, Hacker akan mencoba masuk langsung dari Facebook atau jika dia gagal, dia akan beralih untuk mencoba Login langsung ke Email Anda. Tapi kelemahan teknik import ini adalah pelaku harus berteman terlebih dahulu. Karenanya, Anda perlu selektif dalam memilih pertemanan.

3. Membuat profil palsu.
Hacker tidak akan pernah memaparkan identitas aslinya. Mungkin ini salah satu caranya. Memasang foto cantik dan membuat identitas palsu agar dikonfirmasi saat mengirim permintaan pertemanan. Tanpa Anda sadari.. Goodbye… Akun Facebook Anda melayang dibawa kabur.

4. Membuat 3 Akun Facebook sekaligus.
Para hacker umumnya punya akun Facebook tak cukup hanya satu. Anda pernah mendengar cara hack Facebook dengan 3 teman yang sama? Cara ini memanfaatkan konfirmasi verifikasi kode yang nanti akan dikirimkan ke-3 teman yang Anda percayai. Kalau ke-3 akun Facebook tersebut berteman dengan Anda sekaligus, apa jadinya nanti? Kode konfirmasi dapat dijawab dengan mudah. Hacker masuk ke Akun Facebook Anda cukup tinggal utak-atik password dan email baru.

5. Spam.
Teknik yang satu ini boleh dibilang sangat rusuh, beredar Autotag dimana menawarkan aplikasi ganti tema dan emoticon Facebook dengan script. Penggunanya diajak untuk melakukan Ctrl + U, copy paste script dan sebagainya. Sehingga jika Anda melakukannya, data-data Anda (password dan email) akan dikirmkan otomatis kepada spammer itu, jadi berhati-hatilah.

6. Phising.
Phising di sini berupa halaman palsu Facebook (fake login). Memancing seseorang untuk masuk ke halaman tersebut yang tampilannya sangat mirip dengan halaman aslinya (Facebook). Saat penggunanya memasukkan Email dan password, data tersebut langsung dikirimkan ke server pembuatnya.

7. Aplikasi jahat.
Aplikasi seperti Autolike atau Autokomen di beberapa Web yang beredar sebenarnya sangat berbahaya. Karena saat Login ke aplikasi tersebut, kita juga memasukkan data berupa email dan password kita.

8. Keteledoran pengguna meletakkan Handphone, Gadget, Laptop sembarangan.
Hati-hati saat membawa barang Anda terlebih ditempat umum, seperti kampus. Mungkin barang-barang tersebut bisa saja dibuka teman Anda. Teman Anda sebagai tersangka pencuri datanya nanti. (Web-master.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here