Istagram Hapus Akun Spam, Jutaan Pengikut Justin Bieber Menghilang

Justin Bieber selfie bersama fansnya (sumber: dailymail.co.uk)

JAKARTA (kabarkota.com) – Jejaring sosial khusus untuk berbagi gambar dan video pendek, Instagram telah menghapus jutaan akun spam (sampah).

Kebijakan tersebut mengundang reaksi dari para pengguna resmi lantaran mereka mengaku kehilangan pengikut. Bahkan penghapusan ini mengakibatkan sedikitnya 100 akun dengan pengikut banyak termasuk sejumlah selebriti papan atas dunia harus rela kehilangan jutaan fansnya dalam waktu singkat.

Baca Juga:  8 Obyek Wisata yang Romantis di Yogyakarta

Penyanyi rap, Akon, misalnya, dilaporkan kehilangan 56% pengikutnya akibat pemangkasan akun sampah ini. Sementara, penyanyi pop terkenal Justin Bieber disebutkan kehilangan 3.538.228 pengikut.

Sedangkan penyanyi rap Ma$e, yang kehilangan sekitar satu juta pengikut, telah menghapus akunnya setelah dituduh membayar para pengikutnya,

Tak hanya artis, ahli pemasaran Wellington Campos juga terkena dampak dari penghapusan akun spam ini, karena kehilangan 3.284.304 pengikut dalam semalam.

Baca Juga:  Nonton TV Picu Resiko Diabetes?

Istagram memutuskan untuk membatasi spam dan mencegah pengguna membeli pengikut (follower) dengan tujuan popularitas. Upaya pembersihan ini mengakibatkan berkurangnya jumlah pengikut pada pemilik akun resmi, jika diketahui ada akun spam di dalamnya.

Akun Instagram sendiri diketahui telah kehilangan 18.880.211 pengikut dalam waktu yang relatif pendek.

Dalam keterangan resminya, Instagram telah memperingatkan kepada penggunanya bahwa pihaknya akan melakukan penghapusan terhadap akun sampah awal bulan ini. (BBC Indonesia)

Baca Juga:  Perempat Final Liga Champions: Porto Hantam Munchen