Jalan di Plengkung Wijilan & Plengkung Gading akan Ditutup Sementara, Ini Jadwalnya

Ilustrasi: Plengkung gading (kiri) dan Plengkung Wijilan (kanan) (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Jalan di bawah Plengkung Wijilan dan Plengkung Gading Yogyakarta, sementara akan ditutup untuk umum.

Penutupan tersebut disampaikan baru-baru ini oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY, Budi Wibowo, melalui surat resmi Pemberitahuan Penutupan Jalan tersebut, kepada pihak-pihak terkait setempat, seperti Polsek, camat, dan Lurah.

Menurutnya, penutupan jalan kali ini berkaitan dengan proses konstruksi rehabilitasi dinding benteng Keraton Yogyakarta, yang dilakukan oleh Pemda DIY, melalui UPT Balai Pelestarian Warisan Budaya dan Cagar Budaya pada Dinas Kebudayaan DIY, Tahun Anggaran 2018.

Ditambahkan Budi, pekerjaan tersebut meliputi perbaikan Dinding Benteng Kraton di lima titik, yakni Plengkung Nirbaya/Plengkung Gading (JI. Gading/JI. Patehan Kidul); Plengkung Taruno Suro/Wijilan (Jl. Wijilan); Pojok Beteng Wetan (JI. Siliran
Madyosuro); Pojok Beteng Kulon Nagan Kidul/JI. Nagan Kulon); serta Pojok Beteng Barat Laut (JI. K.H. Wahid Hasim/JI. H. Agus Salim).

Adapun jadwal penutupannya, untuk Plengkung Wijilan sudah dimulai sejak 29 Oktober hingga 3 November 2018 mendatang. Sedangkan di Plengkung Gading, penutupan akan dimulai pada 12 – 17 November 2018 nanti. (Ed-04)