Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI akan Tambah Kereta

Ilustrasi: Suasana antrian di loket pembelian tiket stasiun Lempuyangan Yogyakarta. (Sutriyati/kabarkota.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2016, PT KAI berencana akan menambah rangkaian kereta. Sebanyak lima rangkaian tambahan kereta sudah direncanakan untuk menghadapi dua momen itu.

Lima kereta tersebut diantaranya, dua kereta Lodaya jurusan Bandung, baik Lodaya pagi maupun malam; satu kereta Argolawu jurusan Gambir; satu kereta Argodwipangga jurusan Gambir; dan satu kereta Jaka Tingkir jurusan Pasar Senen.

Baca Juga:  Operasi Narkoba Progo-2018 Digelar, 48 Kasus Terungkap

"Tarif ada penyesuaian. Ikut dinamika pasar," kata  Kepala Humas PT KAI Daop VI, Bambang Setiyo Prayitno ketika ditemui di Graha Sabha Pramana, UGM, Selasa (9/12)

Bambang menjelaskan, Yogyakarta menjaelaskan, Yogyakarta dan Solo menjadi tempat yang kerap dijadikan lokasi liburan. Ia memprediksi, tinggi jumlah penumpang kereta akan terjadi pada arus baliknya. "Kereta api reguler hingga saat ini masih sesuai rangkaian," ujarnya.

Baca Juga:  Eksplorasi Migas di Indonesia Minim

Selama liburan Idul Fitri dan Idul Adha lalu, pihak PT KAI tidak mengalami kekurangan armada untuk memenuhi kebutuhan penumpang. Sedangkan, untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2016 dipredik tidak terjadi peningkatan penumpang secara signifikan.

"Dua momen ini (Natal dan tahun baru) umumnya digunakan untuk wisata. Kami memprediksi peningkatan hanya satu persen," katanya.

Bambang menambahkan, jika memang diperlukan, PT KAI akan menghidupkan kembali kereta yang 'hidden' sebagai kereta tambahan.

Baca Juga:  Berantas Mafia, Pemerintah Disarankan Bentuk Dewan Migas

AHMAD MUSTAQIM