Jokowi Targetkan Vaksin Penangkal Covid-19 Siap Awal Tahun 2021

Ilustrasi: salah seorang warga di Yogyakarta sedang menjalani rapid tes

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menargetkan, pada awal 2021 mendatang, masyarakat sudah bisa mendapatkan suntik vaksi penangkal Covid-19.

Hal tersebut seperti disampaikan Presiden, saat penyerahan Banpres untuk para pelaku usaha kecil, di Kompleks Gedung Agung Yogyakarta, Jumat (28/8/2020).

“Insya Allah di bulan Januari (2021), kita sudah mulai suntik vaksin biar keadaannya masuk pada kondisi normal kembali,” ucap Presiden, melalui live streaming Setpres.

Baca Juga:  Akhirnya, Obat Penyakit Ebola Ditemukan

Menurutnya, pemerintah melalui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang memastikan untuk bisa mendapatkan bahan baku ataupun vaksin yang sudah jadi dari Uni Emirat Arab dan China.

“Ini jadi rebutan, 215 Negara rebutan vaksin semua,” ungkapnya.

Sementara sebelumnya, Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Jenderal TNI Andika Perkasa saat di Yogyakarta juga menyampaikan bahwa pihaknya sedang menunggu review dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI atas uji klinis obat Covid-19.

Baca Juga:  Ini Kapasitas Kendaraan di Taman Parkir Abu Bakar Ali Yogya

“Jadi BPOM akan me-review. Kalau ada kekurangan dalam hal uji klinis, maka kami juga siap untuk memperbaikinya,” tegas Kepala Staf TNI Angkatan Darat ini di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, 26 Agustus 2020.

Sebelumnya, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengklaim telah berhasil menemukan kombinasi obat untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Temuan tersebut dikembangkan bersama Badan Intelijen Negara (BIN), dan TNI Angkatan Darat.

Namun, obat Covid itu juga sempat menundang polemik karena validitasnya dipertanyakan sehingga BPOM RI meminta Unair melakukan uji klinis. (Rep-01)

Baca Juga:  Presiden Dinilai tak Konsisten, Pemerintah Diminta Hentikan Proyek Bandara YIA