Kabar Gembira untuk PNS, Sekarang Kenaikan Pangkat dan Pensiun Otomatis

JAKARTA (kabarkota.com) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur akhirnya meresmikan layanan kenaikan pangkat dan pensiun otomatis, secara online dan layanan kepegawaian terpadu di Jakarta. Dengan adanya layanan tersebut, setiap PNS otomatis akan mengalami kenaikan pangkat jika syarat-syaratnya telah terpenuhi.

Asman Abnur menjelaskan, sistem online yang dibuat Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini untuk memudahkan PNS dalam pengurusan kenaikan pangkat maupun pensiun, yang selama ini kerap direpotkan dengan keharusan membawa berkas yang banyak sebagai salah satu syarat yang dibutuhkan.

Baca Juga:  UAJY Perpanjang Kerjasama dengan KY

“Dalam pengurusan administrasi kepegawaian PNS tidak lagi direpotkan dengan keharusan mengajukan dan membawa berkas syarat-syarat salinan, karena semuanya akan terekam secara otomatis,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Dengan demikian, kata Asman, ke depan PNS tidak perlu lagi memikirkan persoalan administrasi kepegawaian untuk diri sendiri. “Sepanjang yang bersangkutan memenuhi syarat administrasi, kompetensi dan kinerja, serta tidak bermasalah dalam hal disiplin, maka proses pelayanan kepangkatan dan sebagainya akan berjalan secara otomatis,” ujarnyanya.

Baca Juga:  Presiden Minta 3.000 Perda Dihapus

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan melalui pelayanan kepegawaian terpadu pengurusan kenaikan pangkat dan pensiun dapat berjalan secara transparan tanpa harus melewati proses bertatap muka. Hal tersebut juga dapat meminimlisir praktek pungutan liar yang selama ini diasumsikan melekat pada penyelenggaraan layanan publik.

“Dengan sistem ini, proses tatap muka berkurang, secara otomatis praktek pungli dapat diminimalisir. Akses masuk pun akan kami batasi, jadi tidak sembarang orang dapat masuk BKN untuk bertemu bagian yang membawahi masalah kenaikan pangkat dan pensiun,” ucapnya.

Baca Juga:  PNS eks Gafatar tak akan Dipecat, asal...

(ed-01)