Kalijaga Job Fair 2018 Siapkan Ratusan Lowongan Kerja di Yogya dan Jawa

Suasana KJF 2018, di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (21/11/2018). (dok. humas uin)

SLEMAN (kabarkota.com) – Untuk kedua kalinya, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, melalui Center for Entrepreneurship and Career Development (CENDI) menggelar Kalijaga Job Fair (KJF).

Ketua panitia KJF 2018, Khaerul Anwar mengatakan, pada KJF tahun ini, pihaknya menyiapkan ratusan Lowongan Kerja bagi para pencari kerja, khususnya untuk wilayah Yogyakarta dan Jawa.

“Kami membuka KJF 2018 ini gratis untuk masyarakat umum. Siapa saja boleh datang dan mencoba menemukan pekerjaan di sini. Syaratnya, sebelum datang silakan melakukan registrasi online terlebih dahulu. Lalu lakukan registrasi ulang pada saat datang ke KJF, dengan membawa berkas-berkas yang diperlukan serta berpakaian rapi,” imbau Khaerul melalui siaran pers yang diterima kabarkota.com, Rabu (21/11/2018)

Baca Juga:  Ini Cara Mengatasi Kelompok Radikal Intoleran

Sementara, Direktur CENDI, Ahmad Salehudin mengaku, sebagai bagian dari institusi pendidikan negeri, pihaknya merasa perlu terlibat, sebagai upaya meminimalisir jumlah angka pengangguran melalui KJF, yang pada tahun sebelumnya dihadiri oleh ribuan pencari kerja.

Mengingat, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2018 sebesar 3,35 persen atau meningkat 0,32 persen poin, dibandingkan TPT pada bulan Agustus 2017, yang masih sebesar 3,02 persen.

Baca Juga:  568 CPNS UIN Sunan Kalijaga Yogya Usai Ikuti CAT

KJF 2018 diselenggarakan selama dua hari, pada 21-22 November 2018, di Gedung Prof. HM. Amin Abdullah (MultiPurpose), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Bursa kerja dibuka mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yudian Wahyudi berpendapat bahwa penambahan soft dan hard skill oleh mahasiswa perlu sebagai bekal di dunia kerja. Kemampuan dan keterampilan ini menjadi keharusan bagi lulusan dari institusi agama, jika ingin mendapat pekerjaan umum.

“ Makanya, sekarang sudah dijembatani dengan konversi IAIN ke UIN” ucapnya, saat membuka KJF 2018.

Baca Juga:  AJI Klarifikasi Kehadiran di Peringatan Hari Pers Nasional

Sedangkan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Waryono menganggap, kegiatan ini mempunyai nilai strategis bagi institusi perguruan tinggi dan sivitas akademik, guna meningkatkan daya saing di tengah kompetisi.

Dalam event kali ini tak hanya job fair, CENDI juga mengadakan rangkaian kegiatan, seperti Lecture Series, Bimbingan Karir, dan Seminar Karir. (Ed-02)