Ini Kapasitas Kendaraan di Taman Parkir Abu Bakar Ali Yogya

Ilustrasi (jogja.co)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Sejak Senin (4/4/2016) lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah memindahkan lokasi parkir di sepanjang trotoar sisi timur Malioboro ke lokasi parkir portabel di Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA) Yogyakarta. Area parkir yang memanjang dari timur ke barat dengan luas 2.757 meter persegi itu diperkirakan mampu menampung sekitar 2.600 sepeda motor.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat mengunjungi taman parkir ABA, baru-baru ini, mengimbau agar para petugas parkir di area tersebut tergabung dalam koperasi sehingga Pemkot bisa memfasilitasi mereka.

Baca Juga:  Sandiaga Uno Angkat Suara soal Tuduhan Keterlibatan dalam Panama Papers

Pada kesempatan tersebut, peninjauan area devable kawasan malioboro juga di lakukan guna mengontrol hasil dari relokasi lahan parkir kawasan timur.

Lebih lanjut Sultan berharap, agar relokasi lahan parkir dari trotoar Malioboro itu bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurai kemacetan yang selama ini hampir selalu terjadi saat akhir pekan.

“Saat liburan malioboro penuh dengan pengujung, makanya Pemkot Yogyakarta harus bisa memberi alternatif ruang kosong minimal  30 ribu square meter sebagai pengganti tempat parkir,” kata Sultan seperti dilansir laman Pemda DIY, Rabu (6/4/2016) .

Baca Juga:  BLH DIY: Harga plastik berbayar di Yogya Menyesuaikan Pusat

Selain itu, Pemkot bersama 60 personil Jogoboro juga akan bersiaga untuk mengamankan malioboro, sekaligus melakukan pemantauan area sepanjang kawasan Malioboro pasca relokasi. (Rep-03/Ed-03)