Ini Keistimewaan Jam Matahari di Baron Technopark Gunung Kidul

Ilustrasi: jam matahari (kabarhandayani.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Jika kamu berkunjung ke Kawasan Wisata Edukasi Baron Technopark di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, kamu akan menjumpai jam matahari. Fasilitas tersebut memang sengaja dibangun sebagai daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung di obyek wisata tersebut.

Ridwan Budi prasetyo, Kepala Sub bidang pengelolaan Baron Technopark mengungkapkan, jam matahari ini juga menjadi salah satu media pembelajaran yang unik, karena alat penanda waktu dengan mengandalkan jarum jam raksasa yang menjulang dan menantang cahaya matahari itu menghasilkan bayangan.

Baca Juga:  Didik Nini Thowok akan segera 'Dirikan' Desa di Kulon Progo

“Pemanfaatannya memang sama, namun bedanya di sini penempatannya berada di lokasi yang memiliki pemandangan yang bagus, yakni menghadap ke laut bebas,” kata Ridwan seperti dikutip laman Jogja.co, baru-baru ini.

Untuk bisa menjangkau Lokasi Jam matahari ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang menanjak karena lokasinya berada di tempat paling tinggi dari kawasan Baron Technopark .

“Harapannya, denganposisi tersebut, jam non digital tersebut dapat menangkap pancaran langsung sinar matahari,” ucapnya. (Rep-03/Ed-03)