Kembangkan Sektor Kelautan dan Perikanan, Pengamat: Kita Perlu Jiwa Pengusaha

Keindahan isi bawah laut yang menjadi distinasi penyelam dari dalam dan luar negeri. (Sumber: liputan6.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Pengamat Ekonomi Universitas Padjajaran Ina Primiana mengatakan perlu banyak langkah yang mesti dilakukan untuk mendorong sektor kelautan dan perikanan apabila ingin maju. Menurutnya, langkah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melarang kegiatan bongkat muat di atas laut (transhipment) sangat benar.

Larangan itu, kata Ina, akan bisa mengurangi tindak pencurian ikan (illegal fishing). Akan tetapi tak cukup sampai di situ. Masih perlu pula adanya upaya memanfaatkan jalur-jalur yang dilewati oleh kapal-kapal besar.

Baca Juga:  Di Mata Jepang, Jokowi dan Steve Jobs punya Kesamaan, Apa itu?

"Misalnya yang dilewati ada pelabuhan singgah, mereka turun mereka nyaman, untuk wisata," kata Ina di Jakarta, Jumat (28/11).

Dengan pengembangan wisata tersebut, kata Ina, wilayah-wilayah yang dilewati akan turut berkembang perekonomiannya. Untuk itu, pemerintah perlu mengemas secara menarik.

"Di jalur itu ada untuk menyejahterakan, apakah wisata diperbaiki dan bisa menjadi tempat singgah," ujarnya.

Ina menambahkan, guna mendorong sektor kelautan dan perikanan, pemegang sektor itu harus memiliki jiwa penguasaha. "Kita memanfaatkan jiwa enterpreneur, juga menikmati yang kita memiliki," katanya. (liputan6.com)