Kenali Jenis Scanner yang Tepat untuk Kantormu

(Sumber gambar: alatalatkantor.id)

Pengelolaan dokumen dalam komputer merupakan faktor yang sangat penting dalam segala jenis bisnis. Itu sebabnya, sudah merupakan rahasia umum bahwa semua kantor disarankan memiliki perangkat scanner. Ini berguna untuk menjaga segala dokumen penting kamu tetap aman apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti banjir, kebakaran, atau bencana lainnya. Selain itu, kita juga kerap lupa meletakkan dokumen penting perusahaan di tempatnya.

Nah kegunaan scanner tentunya sangat berperan penting dalam suatu perusahaan. Jika kamu tertarik membeli scanner untuk kebutuhan kantor, pastikan jangan salah memilih  jenisnya ya! Yuk, simak rekomendasi 4 jenis scanner terbaik yang cocok untuk mendukung produktivitas kantormu.

  1. Panasonic Scanner KV-S1015C
(Sumber gambar: edgesuite.net)

Apakah kantor kamu memiliki ruangan yang tidak terlalu besar? Jika iya, Panasonic Scanner KV-S1015C akan menjadi pilihan tepat! Memiliki desain yang slim, jenis scanner ini mudah ditempatkan di mana saja, seperti di samping proyektor atau mouse komputer. Fitur yang ditawarkannya juga terhitung menarik, salah satunya adalah Double-Feed Prevention Roller System atau kecepatan pemindaian hingga 30 halaman per menit. Ada juga sensor Ultrasonic Double-Feed Detection untuk mencegah terjadi keluarnya lembaran ganda. Menariknya lagi, gulungan pada lembar kanan dan kiri mesin diletakkan secara terpisah. Ini berguna untuk mencegah macet saat sedang melakukan scanning.

Tidak hanya itu saja, Panasonic KV-S1015C juga dilengkapi dengan software Page Manager 9 yang berguna untuk mengkonversi dokumen ke bentuk PDF.

Baca juga: Tips Menjadikan Anda Lebih Produktif di Kantor

  1. HP Scanjet 6350 (L2703A)
(Sumber gambar: alatalatkantor.id)

Tidak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, HP Scanjet 6350 juga menawarkan kecepetan pemindaian yang mengesankan, yaitu 15 pppm/6 ipm. Selain itu,  scanner yang satu ini juga tergolong canggih. Bayangkan saja, HP Scanjet 6350 memiliki jaringan ethernet dan menyediakan USB 2.0 yang memungkinkan kamu mengirimkan data pemindaian kepada pengguna lainnya secara langsung. Cukup mengesankan, bukan? Kelebihan lain dari scanner ini juga bisa dimanfaatkan sebagai mesin fotokopi yang menghasilkan resolusi dengan ukuran 2400 dpi, lho! Dapat dikatakan, HP Scanjet 6350 adalah satu mesin kecil yang memiliki banyak fungsi.

  1. Fujitsu Scanner Fi-5015C
(Sumber gambar: bhphotovideo.com)

Fujitsu Fi-5013C adalah tipe scanner dokumen yang menawarkan pemindaian dalam kecepatan 15 ppm. Tipe ini juga terkenal akan mode monokrom dan grayscale-nya yang terbilang cukup mumpuni. Nah, sama halnya dengan tipe HP Scanjet 6350, Fujitsu juga menyediakan fitur USB 2.0. Ini akan mempermudah kamu dalam memindai langsung data yang ingin dicetak ataupun mengkonversikannya menjadi PDF. Selain itu, tipe scanner yang satu ini juga memiliki fitur feeder untuk 50 lembar dokumen yang terus berjalan secara cepat dalam melakukan proses scanning.

Tertarik membeli scanner ini? Tenang, harga Fujitsu Fi-5013C ini terbilang cukup bersahabat, meskipun memiliki segudang fitur yang bermanfaat!

  1. Brother Scanner (ADS-2600W)
(Sumber gambar: brother.com.sg)

Last but not least adalah Brother Scanner (ADS-2600W). Tipe ini memiliki reputasi yang cukup terkenal akan fitur sensor dua CIS atau kemampuannya dalam memindai dokumen dua sisi secara bersamaan. Perangkat ini juga dapat digunakan untuk memindai dokumen, foto, kartu nama, tanda pengenal, dan lainnya. Soal kecepatan pemindaian tidak perlu diragukan lagi karena mesin ini dapat melakukan pemindaian mencapai 24 halaman per menit baik satu sisi maupun dua sisi. Super cepat, bukan?

Ukuran yang dimiliki Brother Scanner juga terhitung cukup besar untuk memudahkan kamu memindai dokumen berwarna atau hitam putih hingga berukuran 8,5 inch x 34 inch. Adanya fitur tambahan seperti Multi-Feed Detection, Background Removal, Blank Page Removal, dan Deskew Support untuk menghasilkan pemindaian yang berkualitas tentunya membuat perangkat ini wajib untuk kamu miliki.

Jadi, tipe scanner mana yang paling menarik perhatianmu? Semoga rekomendasi di atas membantu ya!