Ketika “Bluetooth” Android Bermasalah, Lakukan 5 Langkah Ini

Ilustrasi (sumber: heyriad.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Pada sebagian produk smartphone android, fasilitas bluetooth kadang tidak berfungsi secara optimal, tiba-tiba erroar dan tak bisa mencari atau melakukan pairing terhadap satu sama lain. Bahkan, juga tak bisa mengirim atau pun menerima pesan.

Tentunya permasalahan ini membuat sebagian pengguna smartphone android menjadi jengkel. Apalagi, ketika itu terjadi pada saat-saat yang sangat dibutuhkan.  Jika itu juga terjadi pada HP kesayangan Anda, coba lakukan lima langkah berikut ini untuk mengatasinya: (Baca juga: 10 Solusi Atasi BlackBerry Lemot)

1.Clear cache.
Cara ini untuk  membersihkan cache yang tersimpan secara otomatis pada aplikasi Bluetooth bawaan dari pabrik. Cara membersihkan cache aplikasi adalah, tap Setting > Apps > All kemudian buka dan cari aplikasi Bluetooth dan terakhir tap Clear cache.

2.Clear data.
Hampir sama seperti diatas namun dengan menggunakan fitur ini kita akan membersihkan data yang tersimpan seperti daftar nama Bluetooth dari hp atau Tablet yang sebelumnya telah terbaca. tap Setting > Apps > All kemudian buka dan cari aplikasi Bluetooth dan terakhir tap Clear data.

3.Gunakan aplikasi Bluetooth Fix Repair.

 Aplikasi ini akan memperbaiki sistem Bluetooth yang error pada smarphone. Jika bluetooth Android error setelah di root maka aplikasi inilah jawabannya.

4.Reboot.
Matikan Android kemudian cabut baterai, sim card dan memory external (micro sd) lalu biarkan selama beberapa menit. Setelah itu pasangkan dan hidupkan kembali. Cara ini akan berhasil terhadap Android yang tidak bisa terbaca oleh bluetooth.

5.Factory Reset.

Salah satu kelebihan dari melakukan factory reset Android, secara otomatis akan mengembalikan dan memperbaiki sistem android yang telah rusak. Namun yang perlu diperhatikan sebelum melakukan cara ini adalah dengan melakukan back up data dan file Android supaya tidak terhapus. (heyriad.com)