KH. Sunardi Syahuri di Mata Ketua MUI DIY dan Walikota Yogya

Suasana rumah duka almarhum Sunardi Syahuri, Senin (12/11/2018). (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Kepergian ustad Sunardi Syahuri meninggalkan duka mendalam, tak hanya dari keluarga tapi juga banyak pihak. Termasuk Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) DIY, Thoha Abdurrahman, dan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti.

Thoha mengaku, Sunardi merupakan salah satu mahasiswa bimbingannya saat menyusun skripsi di IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, di era 1970-an. Ketika itu, kurang seminggu lagi, Sunardi kena DO, sehingga Sunardi sempat datang ke rumahnya selama seminggu berturut-turut untuk menyelesaikan skripsinya, hingga lulus dan mendapatkan gelar Drs.

Baca Juga:  JK sebut Efek Pemenjaraan Pejabat Perlambat Pengambilan Kebijakan

“Dia sosok yang perlu untuk ditiru, baik perjuangannya maupun dalam menjalankan usahanya,” kata Thoha kepada kabarkota.com, di rumah duka almarhum, Senin (13/11/2018).

Seperti diketahui, selain dikenal sebagai pendakwah, Sunardi syahuri merupakan pebisnis yang sukses dan dermawan, pengelola sejumlah yayasan, hingga pemrakarsa pendirian sejumlah masjid, mushalla, dan sekolahan di DIY.

Sementara Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti yang juga masih memiliki hubungan famili dengan almarhum juga menilai, Sunardi adalah tokoh yang sangat layak untuk diteladani.

Baca Juga:  OTT KPK, Walikota Yogya Angkat Bicara

“Beliau adalah orang yang sangat sederhana, selalu mendoakan warganya, menjadi tempat solusi dari berbagai permasalahan, terbuka pada keluarga. Semua bisa diteladani, dari langkah dan ucapannya, hingga kedalaman ilmunya,” ucap Haryadi.

Sunardi Syahuri menghembuskan nafas terakhir saat menjalani pengobatan di RS JIH Yogyakarta, pada Minggu (11/11/2018) sekitar pukul 16.38 WIB. Jenazah dikebumikan pada Senin (12/11/2018) pukul 12.00 WIB, di kompleks Masjid Pathok Negoro Ad Darojat Babadan, Banguntapan, Bantul, dengan diiringi pasukan paskibra siswa, dan sejumlah laskar dari Ormas Islam di DIY. (Baca Juga: KH. Sunardi Syahuri Meninggal Dunia, Ribuan Pelayat Membanjiri Rumah Duka)

Baca Juga:  Mahasiswa Papua: Sekarang Kami tak Nyaman di Yogya

Almarhum menunggalkan seorang istri, lima anak, dan 16 cucu. Selain itu, Sunardi juga meninggalkan seorang ibu yang kini berusia sekitar 85 tahun. (Rep-02)