Kisah Enam Presiden RI akan Difilmkan

Ilustrasi (sumber: www.acehimage.com)

 

JAKARTA (kabarkota.com) – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan segera merilis film dokumenter tentang kisah enam presiden RI. Mulai dari Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, hingga Susilo Bambang Yudhoyono.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI, Kacung Marijan memperkirakan, film tersebut akan selesai produksi pada bulan September ini.

“Produksi sudah sampai tahap finishing (penyelesaian) atau sekitar 80-90 persen. Kemungkinan Sabtu atau Minggu depan sudah selesai,” kata Kacung seperti dilansir Antara.

Kacung berharap, film ini bisa menginspirasi generasi muda bahwa semua orang bisa menjadi presiden. Ia mencontohkan Bung Karno yang merupakan anak seorang Guru, Soeharto yang anak petani, BJ Habibie dari luar Jawa, Megawati yang juga putri Bung Karno, serta SBY dari Jawa Timur.

Dalam pembuata film kali ini, pihaknya juga melibatkan sejumlah Sutradara kawakan, yang salah satunya adalah Garin Nugroho. Mengingat, satu tokoh akan ditampilkan dalam satu film yang berdurasi sekitar 50 menit.

Rencananya, kisah para pemimpin negara ini hanya akan diputar di sekolah-sekolah. Pertimbangannya, film-film yang berbasis budaya dan sejarah bangsa ini, hingga kini belum banyak diperkenalkan.

“Ke depan, film dokumenter ini akan terus berlanjut, dengan mengisahkan tentang presiden terpilih Joko Widodo,” ungkap Kacung. (tri/Antara)