Kopi bisa Bikin Olahraga Lebih Menyenangkan, Begini Caranya

Ilustrasi (sumber: vemale.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Buat Anda yang suka berolahraga dan gemar minum kopi, ada kabar gembira. Hasil studi yang dimuat di Journal of Apploied Physiology menunjukkan, minum 1 – 2 cangkir kopi bisa membuat sesi olahraga Anda menjadi lebih menyenangkan.

Para peneliti telah merekrut 14 partisipan yang berolahraga dengan menggunakan sepeda statis. Percobaan pertama, partisipan diberi secangkir kopi berukuran delapa ons atau empat cangkir teh, 90 menit sebelum olahraga. Percobaan lainnya, mereka diberi minuman yang tidak berkafein.

Baca Juga:  Musim Penghujan Tiba, Waspadai Berbagai Penyakit Ini

Saat berolahraga, partisioan peminum kopi merasa lebih mudah mengayuhkan kakinya di speda statis, ketimbang partisipan yang minum  tanpa kafein sebelum berolahraga.(Baca juga: 4 Langkah Praktis Kurangi Kecanduan Minum Kopi)

Kafein, menurut peneliti tersebut memang bisa membuat seseorang lebih bersemangat sehingga olahraga pun menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, kafein juga mengendalikan nafsu makan yang berlebihan di siang dan sore hari.

Hanya saja, minuman kafein yang baik untuk dikonsumsi ada di kopi hitam atau teh tanpa tambahan gula atu bahan lainnya, seperti krim dan susu. (Baca juga: Kopi Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung?)

Baca Juga:  Studi : Anggur Merah Ternyata Bisa Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Praktisi gaya hidup Sehat, Phaidon L. Toruan juga mengatakan, kopi hitam  dapat membantu pembakaran kalori lebih efektif saat berolahraga. Oleh karenanya, cara ini juga baik untuk menurunkan berat badan. (wolipop)