Ini Kota-Kota yang akan Mengalami Gerhana Matahari Total

Ilustrasi (liputan6.com)

JAKARTA (kabarkota.com) -Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. (PBNU) memperkirakan, gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang akan terjadi di sejumlah kota.

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus PBNU, Ghazalie Masrowi menyebutkan, sejumlah kota itu antara lain, Palembang, Bangka Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera.

“Sedangkan wilayah Indonesia lainnya akan mengalami gerhana matahari sebagian,” kata Ghazalie melalui siaran pers yang diterima kabarkota.com, Jumat (19/2/2016).

Adapun fase gerhana yang terhitung langka tersebut akan diawali dengan gerhana matahari sebagian pada pukul 06.20 WIB. Satu jam kemudian awal gerhana matahari total dimulai, kemudian pukul 07.23 WIB pertengahan gerhana matahari total, selang satu menit, gerhana matahari total berakhir. Sedangkan gerhana matahari sebagian akan berakhir pada pukul 08.34 WIB.

Karenanya, warga diimbau untuk melakukan salat gerhana, banyak berdzikir, melakukan kegiatan sosial, serta kegiatan kefalakiyahan lainnya.

Sementara bagi masyarakat yang ingin melakukan pengamatan, pihaknya mengingatkan harus menggunakan alat pelindung mata khusus (kacamata matahari) untuk menghindari pengaruh buruk dari gerhana nantinya. (Rep-03/Ed-03)