Di Kulon Progo, Penggalangan Dana Trah bisa Bedah 3 Rumah

Ilustrasi (kabarkulonprogo.com)

KULON PROGO (kabarkota.com) – Gerakan Gotong Royong Rakyat Bersatu (Genthong Rembes) yang selama ini telah digelorakan Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Salah satu buktinya, ada keterlibatan masyarakat yang secara suka rela mendukung program tersebut melalui gerakan penggalangan dana di lingkungan trah keluarganya, untuk membantu keluarga yang kurang mampu.

Adalah trah Hardjo Suwito yang selama ini telah mengumpulkan dana dari keluarga besarnya untuk membantu warga melalui kegiatan bedah rumah yang dilaksanakan setiap dua bulan sekali.

Loading...

Muhammad Alip selaku perwakilan dari trah Hardjo Suwito mengungkapkan kegiatan ini berawal dari pertemuan rutin setiap dua bulan sekali, dan komunikasi dilaksanakan dengan menggunakan media social, mengingat keluarga kami banyak yang dirantau.

“Mereka dengan mudah dan antusias mengirim dana melalui rekenig yang sudah ditentukan melalui media social juga bendahara melaporkan setiap perkembangan saldo,” kata Alip seperti dilansir laman Pemkab Kulon Progo, baru-baru ini.

Dana yang terkumpul hingga saat ini, menurutnya, cukup untuk membantu tiga orang penerima bedah rumah dengan besaran masing-masing sepuluh juta rupiah

“Ke depan, kami juga akan mengelola dana ini kearah pemberdayaan ekonomi produktif yang tentunya bisa lebih meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” imbuhnya.

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengaku terharu sekaligus bangga dengan partisipasi masyarakat tersebut, hingga terselenggara kegiatan Bedah Rumah di Desa Bumirejo Kecamatan Lendah, Kulon Progo, Minggu (3/4/2016) lalu.

“Baru pertama ini sebuah trah atau keluarga besar mengumpulkan dana kepedulian sosial kemudian disumbangkan untuk kegiatan bedah rumah,” ungkapnya.

Lebih lanjut pihaknya juga berharap, agar langkah tersebut menjadi tauladan atau contoh bagi keluarga-keluarga lainnya. Terlebih, di wilayah Kulon Progo banyak perkumpulan  trah serupa. (Rep-03/Ed-03)