Kunci Sukses Bisnis online ala Dosen Jualan

Ilustrasi: Pakar internet marketing, Suryadin Laoddang saat menyampaikan workshop tentang bisnis marketing, dalam rangka peringatan Milad ke-3 kabarkota.com, Jumat (29/4/2016). (sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Seiring perkembangan Teknologi Informasi (IT), saat ini bisnis online menjadi ‘lahan basah’ yang banyak dilirik dan ditekuni oleh banyak kalangan. Ada yang sekedar untuk cari income tambahan, namun tidak sedikit juga yang menekuninya sebagai bisnis yang serius hingga mendatangkan omzet besar.

Baca Juga:  Bisnis Online, Peluang Raih Penghasilan di Tengah Minimnya Kesejahteraan Buruh

Salah satu pebisnis online asal Yogyakarta yang terhitung sukses adalah Suryadin Laoddang yang juga menamakan diri sebagai Dosen Jualan.

Suryadin mengatakan, selama ini kebanyakan orang masih menganggap bahwa berjualan online itu butuh ilmu kelas tinggi yang harus mengerti tentang komputer dan TI. Padahal sebenarnya, perangkat sederhanapun bisa dimanfaatkan untuk menjalankan usaha melalui dunia maya.

Hanya saja, menurutnya, kesalahan yang sering membuat para pelaku bisnis online utamanya pemula kesulitan mendapatkan konsumen, karena tidak berbasis data, dan asal update foto dan share di jejaring sosial. “asal up date foto dan share di facebook sekali.

Baca Juga:  Menteri Agama Bagi-bagi Beasiswa Santri di Yogyakarta

Padahal, berbisnis di dunia maya itu sama halnya dengan berjualan secara konvensional, hanya saja dipindahkan ke online.

“Strategi data itu penting,” ungkapnya.

Salah satu caranya, lanjut Suryadin, bisa dengan menggunakan mesin pencarian Google Trends untuk membantu menentukan strategi marketingnya.

Selain itu, pakar marketing online ini juga menekankan pentingnya kontinyuitas, dan konsistensi waktu untuk berjualan produk. (Rep-03/Ed-03)