Lapangan Karang Kotagede Dilengkapi Alat Fitnes senilai Rp 150 juta

Suasana di lapangan Karang Kotagede Yogyakarta, Minggu (22/12/2019) pagi, usai peresmian outdoor fitness senilai Rp 150 juta. (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Suasana sisi selatan lapangan Karang di Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta, Minggu (22/12/2019) pagi, cukup ramai dikunjungi warga masyarakat sekitar.

Tak hanya orang dewasa dan orang tua, anak-anak juga terlihat asik berolah-raga dengan menggunakan peralatan outdoor fitness yang baru saja diresmikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Ada 14 item alat fitnes, seperti cross trainer, rowing mechine, lat pull down, dan abs crunch mechine yang dicat merah kuning terpasang di bawah pepohonan beringin sehingga cukup strategis untuk berolah-raga sembari bermain anak-anak.

Baca Juga:  Tarif Parkir di Malioboro Mahal jadi Viral, Ini Penjelasan Pemkot Yogya

Salah seorang warga Kota Yogyakarta, Iranda mengaku, dirinya sengaja datang ke lapangan Karang untuk mencoba peralatan fitnes baru tersebut.

“Sangat bermanfaat untuk kesehatan,” ungkap Ibu dua anak ini kepada kabarkota.com.

Hanya saja, perempuan asal Cilacap, Jawa Tengah ini berharap, ke depan, fasilitas yang disediakan ditambah dengan wahana bermain anak-anak, sehingga para orang tua bisa lebih fokus dalam berolah-raga, sembari menunggu anak-anaknya bermain.

Wawan, salah seorang warga Prenggan juga menyambut positif langkah Pemkot yang menyediakan outdoor fitness ini di ruang publik. Mengingat, selama ini lapangan Karang memang sering digunakan masyarakat sekitar untuk olah raga dan berekreasi, khususnya wisata kuliner.

Baca Juga:  SPN DIY Desak Pemprov DIY Tolak RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

“Sebenarnya dulu pernah ada fasilitas seperti ini, tapi sudah pada rusak,” sesalnya.

Ke depan, Wawan berharap, tak hanya fasilitas olah raga yang diperbaiki, tetapi juga lampu penerangannya diperbanyak sehingga saat malam hari, suasananya lebih terang dan nyaman bagi masyarakat.

Outdoor Fitness Bantuan Kemenpora

Sementara Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat peresmian menjelaskan, instalasi outdoor fitness ini merupakan hibah dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) RI.

“Saat ini, lapangan Karang menjadi satu-satunya lapangan yang masih digunakan warga di wilayah Kecamatan Kotagede, yang terdiri dari Kelurahan Prenggan, Rejowinangun, dan Purbayan,” paparnya.

Pemasangan instalasi olah raga di Ruang Terbuka Hijau ini, lanjut Haryadi, bertujuan agar masyarakat bisa lebih giat menjaga kesehatan tubuhnya melalui olah raga, termasuk bagi lansia. Menurutnya, jumlah penduduk di Kecamatan Kotagede mencapai sekitar 35 ribu warga yang 12 ribuan diantaranya bermukim di Kecamatan Prenggan.

Baca Juga:  Biaya Re-branding Jogja Rp 1,5 Milyar, Ini tanggapan IRE

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Disdikpora) Kota Yogyakarta, Edi Hari Suasana menambahkan, pihaknya sengaja mengusulkan permohonan bantuan ke Kemenpora untuk pengadaan peralatan olah raga tersebut, megingat antusias masyarakat Kotagede yang cukup tinggi dalam berolah-raga.

“14 item ini senilai Rp 150 juta,” tegasnya. (Rep-01)