Layanan BPJS di Puskesmas Tegalrejo Yogya Dikeluhkan

Ilustrasi: antrean pasien di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta, Senin (11/7/2016). (sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Layanan bagi pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan di Puskesmas Tegalrejo kota Yogyakarta masih dikeluhkan. Salah satu pasien pengguna kartu BPJS, Andy mengaku dipersulit saat hendak meminta rujukan untuk periksa ke rumah sakit. Padahal menurut Andy, pihak rumah sakit telah memintanya untuk mencari rujukan ke puskesmas untuk opname.

Baca Juga:  Kondisi Gunung Merapi pasca Mengeluarkan Awan Panas

“Alasannya, sakit saya masih bisa ditangani di sini (puskesmas),” ungkap Andy saat ditemui kabarkota.com, Senin (11/7/2016).

Selain itu, Andy juga menilai, lokasi untuk layanan di puskesmas I ini cukup rumit, sehingga cenderung membingungkan bagi pasien baru.
“Perlu dibenahi urutannya,” ujar Andy.

Menanggapi keluhan tersebut, salah satu staf administrasi Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta, Barkowi menjelaskan, pasien dengan BPJS Kesehatan memang harapannya bisa ditangani di Fasilitas Kesehatan (Faskes) pertama, seperti Puskesmas ini. Jika Puskesmas tak mampu menangani, baru bisa mendapatkan rujukan ke rumah sakit.

Baca Juga:  Penjelasan RSI Hidayatullah Yogya tentang Penutupan Layanan Pasien BPJS

“Kecuali pasien UGD yang membutuhkan penanganan saat itu juga,” tegasnya.

Sedangkan terkait dengan lokasi yang cukup membingungkan pasien, Barkowi menambahkan, hal tersebut semata karena luasan bangunan yang memang sempit dan berbentuk U sehingga penataannya cukup rumit. (Rep-03/Ed-03)