Di Luar Arena Balap, seperti ini Gaya Hidup Rio Haryanto

Ilustrasi (fb rio haryanto)

JAKARTA (kabarkota.com) – Siapa tak mengenal Rio Haryanto? Sosok pembalap muda yang kini tengah banyak digandrungi masyarakat khususnya kalangan muda. Tidak hanya karena tampangnya yang memang cakep, Rio juga telah menorehkan banyak prestasi dan membanggakan bagi Indonesia, terlebih setelah berhasil masuk dalam ajang bergengsi dunia, Formula 1 (F1).

Sebagai seorang atlet, sekaligus juga menjadi bintang media, biasanya seseorang itu dekat dengan dunia glamor, kemewahan, dan foya-foya. Sebagai contoh, pembalap di era 1970-an dan 1980-an, James Hunt, yang sempat menjuarai F1 pada tahun 1976 silam.

Baca Juga:  Twitter Luncurkan Aplikasi Baru

Namun, tidak semua pembalap lantas berperilaku demikian. Ada juga Niki Lauda yang menjadi lawan kompetitif James Hunt di F1 pada eranya justru memilih gaya hidup yang bertolak-belakang dengan Hunt.

Nah, Rio Haryanto yang kini bergabung dengan tim Manor Racing ternyata juga lebih memilih gaya hidup sebagaimana yang pernah dilakoni Niki Lauda, jauh dari dunia glamour.

“Selama karier aku balapan sampai sekarang, aku hanya memokuskan diri pada balapan. Aku sudah menempa diri dengan disiplin yang keras sejak dini,” ujar Rio seperti dikutip laman carvaganza, baru-baru ini.

Baca Juga:  Forum Anak Sleman Prihatin Dampak Buruk Penggunaan Gadget pada Anak

Pria yang pernah hidup lama di Eropa ini mengaku, telah menempa dirinya dengan latihan fisik dan mental selama empat jam per hari di bawah pelatih pribadi, Dennis van Rhee saat mempersiapkan balapan di Formula BMW Eropa.

“Aku melatih diri 2 jam sebelum sekolah dan 2 jam sepulang sekolah dan itu aku lakukan sampai tahun 2015 ketika balapan di GP2. Hanya Sabtu dan Minggu libur,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tips Menjadikan Anda Lebih Produktif di Kantor

Rio juga menyatakan telah ‘menghibahkan’ dirinya untuk balapan. “Aku menghindari hal-hal yang tak perlu yang bisa mengganggu konsentrasi aku sebagai pembalap. Memang banyak orang bilang, pembalap itu dekat dengan kehidupan glamor. Namun aku tidak,” sambung Rio.

Ia juga menyatakan, selama ini tidak terlalu banyak hangout ataupun bersosialisasi dengan selebriti.

“Aku hanya hangout dengan orang-orang tertentu, terutama keluarga. Jadi dari minggu ke minggu yang aku pikirkan cuma balapan dan ingin menjadi orang Indonesia yang berprestasi di balapan tingkat dunia,” ujar Rio. (Rep-03/Ed-03)