Mahasiswa Hilang, Gubernur di Meksiko Mundur

Gubernur negara bagian Guerrero, Meksiko, Angel Aguirre. (Sumber foto: BBC)

GUERRERO (kabarkota.com) – Seorang Gubernur negara bagian Guerrero, Meksiko, Angel Aguirre, mengundurkan diri.  Keputusan itu diambil setelah sebanyak 43 mahasiswa hilang di negara bagian tersebut selama lebih dari sebulan lalu.

Aguirre menganggap, pengunduran diriny diperlukan untuk menyelesaikan kasus hilangnya mahasiswa tersebut. "Dalam situasi tragis ini, saya tidak ingin debat soal posisi gubernur menjadi berlarut-larut," kata Aguirre seperti dikutip BBC, Jumat (24/10).

Baca Juga:  Di Taman Hiburan Ini, Semua Penghuninya Manusia Mini

Sementara itu, beberapa kalangan memandang pengunduran diri gubernur tersebut untuk memperlancar penyelidikan. Gubernur Aguirre juga menghadapi kecaman bertubi-tubi terkait kasus hilangnya 43 mahasiswa itu.

Para mahasiswa yang hilang, hingga kini tidak diketahui rimbanya. Hal itu bermula sejak para mahasiswa terlibat bentrok dengan aparat kepolisian di kota Igula, satu bulan yang lalu.

Di sisi lain, Jaksa Agung Meksiko berpendapat, sepertinya kasus tersebut ada kaitan khusus di negara bagian Guerrero antara politikus, polisi, dan geng-geng narkoba setempat.

Baca Juga:  Leluhur Lee Kwan Yew Asal Semarang?

Wali Kota Iguala mengatakan, yang saat ini dikejar adalah petugas penegak hukum yang memerintahkan polisi mencegat para mahasiswa dan kemudian menyerahkan mereka kepada kelompok geng narkoba.

AHMAD MUSTAQIM