Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Korea

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Mahasiswa Teknik Industri, Fakultas Teknik UGM, Andy Aulia Prahardika, meraih penghargaan dalam ajang World Inventor Award Festival. Ini adalah ajang tahunan yang diadakan Korea Invention News (KINEWS) di Seoul, Korea Selatan.

Ajang diikuti lebih dari 350 kalangan akademisi dan industri dari 30 negara. Mereka memamerkan berbagai penemuan serta hasil riset. Para peserta diuji dan dinilai dengan mengacu pada beberapa hal terkait inovasi, kreativitas, teknologi, daya saing, serta kontribusi riset terkait pada masyarakat.

Baca Juga:  30 Persen Mahasiswa Baru UGM dari Kalangan tak Mampu

Andy memperoleh penghargaan World Inventor Order of Merit, Traffic and Transportation Order of Merit atas kegiatan riset, pameran, publikasi serta kontribusi karya penelitiannya kepada masyarakat selama ini. Karya yang mendapat penghargaan tersebut adalah alat sensor banjir atau genangan air pada landasan pacu bandara dalam mendukung sistem keselamatan penerbangan.

Andy menuturkan, sensor deteksi banjir ciptaannya sudah diuji selama tiga tahun di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Penelitiannya menghasilkan beberapa rekomendasi sistem early warning tentang keadaan landasan pacu bandara secara real time dan otomatis yang akan mendukung sistem keselamatan penerbangan maupun keselamatan otoritas bandara.

Baca Juga:  Dekan Fakultas Hukum UMY Angkat Bicara Soal Dugaan Penistaan Agama oleh Ahok

”Sensor banjir ini akan bekerja ketika ada genangan air pada permukaan landasan pacu, bahkan secara otomatis mengirimkan early warning bahwa permukaan landasan pacu telah tergenang oleh air pada ketinggian tertentu,” kata pria kelahiran Semarang 18 tahun lalu ini kepada wartawan. (UGM/tya)