Malam Takbiran di Pengungsian Lombok Timur yang Mengharukan

Suasana malam takbiran ratusan anak pengungsi di Lombok Timur, Selasa (21/8/2018). (Dok. RCC)

LOMBOK TIMUR (kabarkota.com) – Tahun 2018 ini, masyarakat Lombok akan merayakan hari besar idul qurban tersebut di tengah keprihatinan pasca diguncang gempa bertubi-tubi, sejak akhir bulan Juli – Agustus ini. Namun, kondisi tersebut tak membuat anak-anak di pengungsian larut dalam kesedihan.

Pada Selasa (21/8/2018) malam, tim Relawan Condong Catur (RCC) Peduli Lombok dan Santri Tanggap Bencana (Santana) mengajak ratusan anak pengungsian, khususnya di wilayah Lombok Timur melakukan takbir keliling

Baca Juga:  Pemda DIY Prioritaskan 3 Kelompok Rentan Terpapar Corona jalani Rapid Test

Relawan RCC di Lombok Timur, Agus Sumpeno Yulianto mengaku terharu, karena gema takbir berkumandang di mana-mana.

“Mereka sangat senang, bahagia, dan bersemangat. Seakan lupa sejenak masalah yang dihadapi,” kata Agus saat dihubungi kabarkota.com.

Selain menggelar takbir keliling, rencanya esok hari, pihaknya bersama warga juga akan menggelar salat id sekitar posko pengungsian, karena warga sampai dengan saat ini belum berani pergi jauh dari tempat tinggal mereka.

Baca Juga:  Akses Informasi Publik tentang Pandemi Covid-19 di DIY masih Minim

Relawan RCC bersama Santana juga akan menyembelih tiga ekor sapi dan satu ekor kambing untuk dibagikan ke sekitar 100 kepala keluarga di lokasi pengungsian tersebut.

“untuk trauma healing, kami juga akan bekerjasama dengan Santana,” jelas Agus. (sutriyati)

Berikut rekaman video kiriman RCC tentang ratusan anak di pengungsian Lombok Timur yang mengikuti takbir keliling, Selasa (21/8/2018) malam.