Mau Melihat Indahnya Sakura Bermekaran? Ini Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Berangkat ke Jepang

foto:Yasufumi Nishi/JNTO

Jepang adalah salah satu Negara di Asia yang menyenangkan untuk dikunjungi tanpa harus berpatokan pada musim tertentu. Yap, karena setiap musimnya selalu menawarkan berbagai hal indah, seru dan bikin kita selalu punya alasan untuk kembali ke Jepang. Nah dari semua hal yang menarik, tentunya melihat bunga sakura yang bermekaran jadi salah satu agenda seru yang bisa kamu dapatkan dari Negeri Matahari Terbit ini.

Bunga Sakura sendiri akan bermekaran setiap musim semi di Jepang, yaitu sekitar bulan Maret hingga Juni. Nah biasanya bulan terbaik untuk mengunjungi Jepang dan melihat bunga Sakura yang bermekaran adalah pada minggu pertama atau kedua di bulan April. Mengingat momen yang istimewa ini membuat harga tiket kerap melambung, kamu pun perlu sedikit sikap siaga dan trik saat cari tiket pesawat murah dari jauh-jauh hari. Lalu apa lagi nih yang perlu kamu siapkan sebelum bisa menikmati momen mekarnya bunga Sakura di Jepang? Well, perhatikan baik-baik poin di bawah ini ya.

  1. Daerah dengan iklim musim dingin yang rendah biasanya akan jadi tempat paling awal di mana bunga Sakura bermekaran. Karena itu biasanya bunga Sakura akan mekar pertama kali di daerah Selatan, yakni di Okinawa dan berlanjut ke arah Utara. Selain itu angin, hujan dan suhu juga bisa memperpanjang atau memperlambat usia mekar bunga Sakura.
  2. Kalau Tokyo jadi tujuanmu saat pergi ke Jepang, pastikan Sungai Meguro masuk dalam salah satu tujuan liburanmu. Kenapa? Karena di tempat sepanjang 4 kilometer ini bunga Sakura akan bermekaran di kedua sisi sungai. Selain itu di sepanjang pinggir Sungai Meguro ada berbagai kafe serta toko yang membuat kamu bakal lebih nyaman menikmati bunga Sakura bermekaran.
  3. Selain Sungai Meguro ada juga Taman Chidorigafuchi, di mana area yang satu ini berada di antara Chidorigafuchi (sebelah Barat Istana Kaisar) dan Kedubes Inggris. Area ini memiliki 170 jenis bunga Sakura dengan berbagai perayaan dan festival yang menarik. Semakin lengkap karena perahu boat juga disediakan untuk mereka yang ingin berlayar di malam hari.
  4. Jika kamu sudah berhasil mencari tiket pesawat murah dan turun di Bandara Narita, kamu perlu tahu transportasi lain yang praktis seperti Airport Limousine Bus atau layanan murah meriah seperti Keisei Express Bus atau Keisei Electric Railway. Masing-masing transportasi memiliki jarak tempuh yang berbeda-beda, namun semuanya akan tetap membawamu menuju Tokyo dalam waktu paling lama 2 jam dari Bandara.

Jadi kalau kamu punya rencana untuk melihat bunga Sakura yang hanya mekar sekali dalam satu tahun, pastikan kamu tahu sudah mulai cari tiket pesawat murah untuk pergi ke Jepang. Setelah mendapat tiket pesawat murah, pastikan kamu menginap di tempat yang dekat dengan area bunga Sakura yang bermekaran di Tokyo. So, selamat berlibur deh buat kamu! (Monik/ Dee)