Menteri Anies: Tingkat Kejujuran Siswa DIY di Atas 95 Persen

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. (Sumber: jelasberita.com)
SLEMAN (kabarkota.com) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengatakan tingkat angka kejujuran siswa di Yogyakarta berada di atas 95 persen. Menurutnya, hal itu dapat dilihat dari pelaksanaan UN tingkat SMA/MA yang menunjukkan kalau siswa di Yogyakarta memperoleh nilai integritas yang baik.
Anies menuturkan, siswa yang memperoleh bocoran soal UN beberapa waktu lalu ibarat sedang memperoleh cobaan. "Coba kalau dipakai ramai-ramai, integritasnya hilang," kata Menteri Anies usai menjadi keynote speaker di acara seminar di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Sabtu (25/4).
Baca Juga:  LBH Yogya akan Laporkan Polres Sleman ke Komnas HAM
Ia juga menuturkan, seseorang yang jujur itu harus dianggap normal. Menurut Anies, orang tak perlu heran jika mengetahui Muhammad Tsaqif Wismadi, siswa SMA3 Yogyakarta, melaporkan adanya bocoran soal UN. (Baca juga: Siswa Pemberi Info Kebocoran UN Diberi Penghargaan KPK)
"Jika melihat orang membocorkan, jangan diam dan mendiamkan," ujarnya. (Baca juga: DIY "Ogah" UN Diulang)
Anies menambahkan, pelaksanaan UN 2015 cukup baik. Hal itu dilihat dari siswa yang mengikuti UN tidak merasa ketakutan. Hal-hal seperti klenik, katanya, turun.
Baca Juga:  8 Obyek Wisata yang Romantis di Yogyakarta
"Yang ingin kita ubah, proses ujian inilah yang menjadi proses pembelajaran," ungkapnya.
AHMAD MUSTAQIM