Mudik Lebaran, Jembatan Pules di Sleman akan Dibuka

Kondisi jembatan Pules di wilayah Turi, Sleman, DIY yang tengah diperbaiki, sejak ambrol 22 April 2015 lalu. (Dok. Istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Jembatan Pules di wilayah Turi, Sleman, DIY yang ambrol sejak 22 Apriil 2015 lalu diperkirakan siap dioperasikan kembali, saat arus mudik dan balik lebaran 2016 nanti. Mengingat ini, jembatan yang dibangun pada masa kolonial Belanda itu telah menjadi jalur alternatif Magelang – Solo.

Baca Juga:  Kemenhub akan Periksa Angkutan Mudik Lebaran Satu per Satu

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP dan ESDM) DIY, Rani Syamsinarni mengungkapkan, saat ini jembatan tersebut memang masih dalam proses perbaikan. Namun, pihaknya memperkirakan pada H-14 hingga H-7 Lebaran sudah bisa dibuka kembali sebagai jalur mudik.

“Meski belum diaspal tidak apa-apa, karena betonnya sudah cukup kuat,” kata Rani, kepada wartawan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (14/6/2016).

Baca Juga:  Berikut Potensi Bencana yang Perlu Diwaspadai jelang Mudik Lebaran

Selain jembatan Kules, lanjut Rani, masih ada tiga jembatan lain di DIY yang juga tengah diperbaiki

“Yang penting komitmen untuk masyarakat. Kalau misalnya ada jembatan darurat, jembatan daruratnya yang dipakai. Yang penting bisa dilewati,” ujarnya. (Rep-03/Ed-03)